Basuki: Seluruh Infrastruktur Harus Tuntas Jelang MotoGP Mandalika!

Sisi bypass BIL-Mandalika diminta untuk diperkuat agar aman

Lombok Tengah, IDN times - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono kembali meninjau kesiapan akhir pembangunan infrastruktur penunjang Sirkuit Mandalika, Senin (7/3/2022).

Peninjauan itu dilakukan mulai dari Simpang Bandara hingga kawasan sekitar Sirkuit Mandalika jelang pelaksanaan event MotoGP pada 18-20 Maret 2022 nanti.

1. Seluruh infrastruktur harus selesai 12 Maret 2022

Basuki: Seluruh Infrastruktur Harus Tuntas Jelang MotoGP Mandalika!Menteri PUPR Basuki Hadimuljono bersama Gubernur NTB Dr H Zulkieflimansyah tinjau bypass Bil-Mandalika/dok. Humas PUPR

Menteri Basuki memastikan penataan kondisi lanskap dan estetika di jalan bypass Bil-Mandalika mulai dari bandara menuju kawasan Mandalika tersebut dituntaskan tahap awal pada tanggal 12 Maret 2022.

Dia mengatakan penyelesaian seluruh infrastruktur itu demi menyambut wisatawan MotoGP dari berbagai daerah. 

"Sisanya dilanjutkan tahap akhir pada Oktober 2022," kata Basuki.

Baca Juga: Penemuan Tengkorak Manusia di Sawah Hebohkan Warga Lombok

2. Perkerasan dinding bypass Bil-Mandalika diatensi

Basuki: Seluruh Infrastruktur Harus Tuntas Jelang MotoGP Mandalika!Warga melewati jalan Bypass Bil-Mandalika IDN Times/Ahmad Viqi Wahyu

Menurutnya, kondisi sisi kiri kanan bahu jalan Bil-Mandalika dengan panjang 17,3 kilometer itu untuk diatensi serius jelang MotoGP di Sirkuit Mandalika.

"Tolong diperhatikan betul perkerasan di kedua sisi bahu Jalan Bypass BIL - Mandalika. Segera dirapikan serta pastikan kualitasnya bagus dan tidak mudah rusak," kata Basuki.

Selain itu, Menteri Basuki juga menginstruksikan untuk mengedepankan estetika dan pola penghijauan dan penataan koridor jalan. 

"Perlu ditambahkan tanaman agar lebih rimbun pada beberapa titik penghijauan di sepanjang jalan bypass hingga bundaran dan pintu masuk ke sirkuit MotoGP, agar terlihat lebih estetik dan tidak monoton," ujarnya. 

3. Progres jalan Bil-Mandalika capai 92 persen

Basuki: Seluruh Infrastruktur Harus Tuntas Jelang MotoGP Mandalika!Jalan bypass Bil-Mandalika IDN Times/Ahmad Viqi

Data kementerian PUPR menyebut penataan Jalan Bypass BIL - Mandalika sepanjang 17,3 km terbagi dalam 4 zona dengan progres keseluruhan mencapai 92,40%. 

Penataannya meliputi penanaman rumput dan pohon bougenvile, tabebuya, ketapang kencana, dan pule di median jalan, penghijauan di jalur lambat melalui penimbunan tanah, dan penghijauan bukit di sepanjang Jalan Bypass BIL - Mandalika. 

Khusus jalan bypass Kuta-Keruak sepanjang 5,3 km dengan menambah lajur eksisting menjadi 4 lajur. Baik pembuatan saluran drainase beton di tepi luar badan jalan, dan perbaikan alinyemen vertikal dan horizontal jalan eksisting. 

"Pekerjaan pelebarannya terbagi dalam 3 segmen dengan progres keseluruhan saat ini mencapai 87,99 persen," katanya.

Kementerian PUPR juga menata koridor kawasan Mandalika yakni penataan Bundaran BIL dan Bundaran Sunggung masing-masing capai 100 persen.

Untuk Plaza Parkir Sunggung progres 71,14 persen dan Bunderan Triputri dengan progres 97,22 persen.

"Ada segmen II Jalan Kuta-Keruak yang terdiri dari gerbang dan artwork sirkuit, zona landmark sirkuit, zona landmark Pertamina, zona landmark main event, dan zona landmark Lombok dengan progres 71,09," terang Basuki. 

Baca Juga: Lombok Writers Festival Dibuka, Gubernur Ingin Jadi Agenda Tahunan

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya