Jelang WSBK 2021, Pembangunan Hotel di Mandalika Sudah 90,66 Persen

Hotel punya akses privat menuju pantai-pantai di Mandalika

Lombok Tengah, IDN Times - Sebagai penunjang event balap motor WSBK dan MotoGP di Sirkuit Mandalika, pembangunan Hotel Pullman Mandalika Beach Resort di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Praya, Lombok Tengah, NTB terus berjalan.

PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) memastikan, pembangunan Hotel Pullman Mandalika rampung pada kuartal ke IV tahun 2021. Apa saja kelengkapannya, yuk intip!

Baca Juga: Menteri Bahlil: Sirkuit Mandalika Berbeda dengan yang Lain di Dunia

1. Dilengkapi 257 kamar hotel dan 27 vila

Jelang WSBK 2021, Pembangunan Hotel di Mandalika Sudah 90,66 PersenViladiHotelPullmanMandalika/dok. Humas ITDC

Hotel Pullman Mandalika Beach Resort masuk kategori bintang 5. Hotel ini dibangun di atas lahan seluas 27.000 meter persegi dengan 257 kamar mewah.

Selain dilengkapi kamar mewah sesuai standar hotel bintang 5, Hotel Pullman juga dilengkapi 27 vila dan 230 kamar building.

"Serta dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti ruang rapat, restoran, kolam renang, pool bar, gym dan spa," kata Managing Director The Mandalika Bram Subiandoro dalam keterangan pers, Selasa (21/9/2021).

Hotel Pullman Mandalika juga dilengkapi sarana ibadah yakni musala.

2. Punya akses privat menuju pantai-pantai di Mandalika

Jelang WSBK 2021, Pembangunan Hotel di Mandalika Sudah 90,66 PersenSuasana pantai Kuta Mandalika IDN Times/ Ahmad Viqi Wahyu Rizki

Berada di zona barat KEK Mandalika, di dekat West Gate dan Kuta Beach Park, Hotel Pullman Mandalika memiliki view perbukitan dan pantai.

Selain berada di zona barat KEK Mandalika yang berdekatan dengan Sirkuit MotoGP, Hotel Pullman memiliki akses privat menuju kawasan pantai, baik menuju Pantai Tanjung Aan, Pantai Seger, maupun Pantai Kuta Mandalika.

3. Ada hotel lain selain Pullman dengan total kamar 379

Jelang WSBK 2021, Pembangunan Hotel di Mandalika Sudah 90,66 PersenHotelPullmanMandalika/dok. Humas ITDC

Untuk menyambut penonton event WorldSBK yang digelar pada November mendatang, Hotel Pullman ditopang hotel lain yang berada di KEK Mandalika.

PT ITDC juga menambah ketersediaan jumlah penginapan di dalam zona barat KEK Mandalika. "Jadi total kamar yang tersedia mencapai 379 di luar Pullman," kata Bram.

Dengan tambahan tersebut, kata Bram, jumlah kamar di Hotel Pullman Mandalika sebanyak 636 kamar. 

Ke depan, kata Bram, jumlah kamar hotel yang berada di dalam KEK Mandalika ditargetkan mencapai lebih dari 1.700 kamar.

4. Investasi untuk Hotel Pullman mencapai Rp709 miliar

Jelang WSBK 2021, Pembangunan Hotel di Mandalika Sudah 90,66 PersenFoto udara pembangunan hotel Pullman di Kawasan pariwisata The Mandalika, Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Minggu (20/12/2020).

Selama proses pembangunan Hotel Pullman Mandalika, kata Bram, ITDC telah berinvestasi sebesar Rp709 miliar.

"Dana ini melalui dukungan dari lembaga pembiayaan ekspor Indonesia (LPEI) melalui skema National Interest Account (NIA)," kata Bram. 

Saat ini, ujar Bram, progres pembangunan Hotel Pullman Mandalika Beach Resort telah mencapai 90,66 persen. Progres tersebut merupakan akumulasi dari pekerjaan struktur, arsitektur, plumbing (SAP) yang mencapai 91,45 persen.

"Pekerjaan non SAP mencapai 89,71," lanjut Bram.

Diketahui, pengerjaan SAP meliputi pekerjaan pembangunan hotel, garden dan beach villa, spa, gym, lobby, arrival hall, MICE, musala, restoran, dan fasilitas pekerjaan luar hotel.

Sementara pekerjaan non-SAP meliputi pekerjaan interior, kitchen dan laundry, mechanical electrical, signage, artwork, dan landscape hotel.

"Kita memasuki pekerjaan pemasangan interior sebagai pelengkap fasilitas hotel," kata Bram

5. Kegiatan yang bakal digelar di Sirkuit Mandalika

Jelang WSBK 2021, Pembangunan Hotel di Mandalika Sudah 90,66 PersenSuasana KEK Mandalika IDN Times/ Ahmad Viqi Wahyu Rizki

Seperti diketahui, pada 12-14 November mendatang akan berlangsung event sport tourism internasional seperti WorldSBK dan MotoGP di Sirkuit Mandalika pada Kuartal IV tahun 2021 hingga kuartal I tahun 2022.

Ada pun event yang bakal digelar selain balap motor yakni Hutama Karya Endurance Challenge 2021, Mandalika Ultra Trail 100, World Superbike (WSBK) 2021, dan MotoGP 2022 bakal berlangsung di Sirkuit MotoGP Mandalika.

Baca Juga: Bahlil: Selesaikan Sengketa Lahan di Sirkuit Mandalika

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya