13 Quotes Penuh Makna Mendalam dari Filsuf Legendaris J.J. Rousseau

JJ Rousseau: ayah yang baik bernilai seratus guru

Jean-Jacques Rousseau (J.J Rousseau) adalah penulis sekaligus filsuf kelahiran Swiss. Ia dikenal sebagai tokoh yang mempelopori terjadinya Revolusi Perancis untuk membebaskan rakyat dari kediktatoran raja serta kaum bangsawan. Kala itu ia mengemukakan bahwa manusia memiliki derajat sama, sehingga dia memperkenalkan kedaulatan atau sistem pemerintahan yang demokratis.

Sepanjang hidupnya, Jean-Jacques Rousseau telah banyak melahirkan karya-karya fenomenal. Beberapa karya novelnya yang terkenal, yaitu Emile or On Education, Discourse on Inequality, Julie or the New Heloise, Discourse on the Arts and Sciences, dan masih banyak lagi. Dalam karya-karyanya, ia banyak menyelipkan kata-kata bijak yang penuh makna.

Berikut 13 quotes penuh makna mendalam dari Jean-Jacques Rousseau.

1. Manusia dilahirkan bebas, tetapi di mana-mana ia dirantai

13 Quotes Penuh Makna Mendalam dari Filsuf Legendaris J.J. RousseauIlustrasi meditasi di alam. (Pinterest/Creative Market)

2. Membaca, menyendiri, bermalas-malasan, kehidupan yang lembut dan tidak banyak bergerak, hubungan dengan wanita dan orang muda, ini adalah jalan yang berbahaya bagi seorang pria muda, dan ini selalu membawanya ke dalam bahaya

13 Quotes Penuh Makna Mendalam dari Filsuf Legendaris J.J. RousseauIlustrasi baca buku. (Instagram/@sitihumaeraq)

Baca Juga: 13 Arti Mimpi Melihat Burung, Pertanda Baik atau Buruk?

3. Pria yang paling banyak menjalani hidup bukanlah orang yang paling banyak menghabiskan tahun, tetapi orang yang paling berpengalaman dalam hidup

13 Quotes Penuh Makna Mendalam dari Filsuf Legendaris J.J. RousseauJohn Mayer and the pink guitar. (Pinterest/Eliane)

4. Kamu harus malu melakukan kesalahan, bukan memperbaikinya

13 Quotes Penuh Makna Mendalam dari Filsuf Legendaris J.J. RousseauIlustrasi menikmati hidup. (Pinterest/Wattpad)

5. Ada dua hal yang harus dipertimbangkan sehubungan dengan skema apa pun. Yang pertama, ''apakah itu baik dalam dirinya sendiri?'' Yang kedua, ''bisakah dengan mudah dipraktikkan?''

13 Quotes Penuh Makna Mendalam dari Filsuf Legendaris J.J. RousseauIlustrasi galau karena cinta. (Pinterest/jester)

6. Kekhawatiran, kecurigaan, sikap dingin, kehati-hatian, kebencian, dan pengkhianatan sering tersembunyi di balik tabir kesopanan yang seragam dan keliru itu

13 Quotes Penuh Makna Mendalam dari Filsuf Legendaris J.J. RousseauIlustrasi lelah karena frustasi sama hidup. (Pinterest/SamAlive)

7. Semakin lemah tubuh, semakin banyak perintah; semakin kuat dia, semakin dia patuh

13 Quotes Penuh Makna Mendalam dari Filsuf Legendaris J.J. RousseauIlustrasi melakukan perjalanan. (Pinterest/Le Progres)

8. Satu-satunya kebiasaan yang harus diajarkan kepada anak-anak adalah bahwa mereka tidak tunduk pada apapun

13 Quotes Penuh Makna Mendalam dari Filsuf Legendaris J.J. RousseauIlustrasi melakukan perjalanan. (Pinterest/Sky 9 Studio)

9. Ayah yang baik bernilai seratus guru

13 Quotes Penuh Makna Mendalam dari Filsuf Legendaris J.J. RousseauIlustrasi wanita hamil. (Pinterest/Ha Nguyen Thu)

10. Tidak ada yang bisa bahagia jika dia tidak menghargai dirinya sendiri

13 Quotes Penuh Makna Mendalam dari Filsuf Legendaris J.J. RousseauIlustrasi baca buku di kereta. (Pinterest/Shawna Merlin)

11. Tidak cukup bagi seorang istri untuk setia, perlu bahwa suaminya, teman-temannya dan tetangganya percaya pada kesetiaan mereka

13 Quotes Penuh Makna Mendalam dari Filsuf Legendaris J.J. RousseauIlustrasi tipe kepribadian introvert. (Pinterest/mads)

12. Mungkin tidak lebih baik, tapi setidaknya saya berbeda

13 Quotes Penuh Makna Mendalam dari Filsuf Legendaris J.J. RousseauIlustrasi tipe kepribadian ektrovert. (Pinterest/Alexis Lavoie)

13. Saya benci buku, mereka hanya mengajari kita untuk membicarakan hal-hal yang tidak kita ketahui

13 Quotes Penuh Makna Mendalam dari Filsuf Legendaris J.J. RousseauIlustrasi baca buku. (Pinterest/Chrissy Stewart)

J.J Rousseau, dalam bukunya yang berjudul Emile or On Education, mengatakan:

“Kita ini dilahirkan lemah, maka dari itu kita membutuhkan kekuatan; karena kita dilahirkan dengan lemah, maka kita membutuhkan bantuan; karena kita terlahir bodoh, maka kita butuh pengalaman. Segala sesuatu yang tidak kita miliki saat lahir dan yang kita butuhkan ketika kita dewasa hanya bisa kita dapatkan melalui pendidikan.”

Demikian 13 quotes penuh makna mendalam dari Jean-Jacques Rousseau.

Baca Juga: 10 Arti Mimpi Melihat Ayam, Anjing, dan Kucing Menurut Ibnu Sirin

Hirpan Rosidi Photo Community Writer Hirpan Rosidi

Seorang laki-laki yang memiliki impian yaitu kelak disalah satu rak toko buku populer, di antara buku-buku dari penulis besar, terselip satu buku dengan nama Hirpan Rosidi sebagai penulisnya.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya