Comscore Tracker

Cara Membuat Jaje Tareq Atau Jaje Goro Khas Lombok

Rasanya renyah, oleh-oleh favorit wisatawan

Lombok tidak akan pernah kehabisan variasi makanan. Jenis olahannya pun bermacam-macam. Salah satunya adalah jajan khas daerah, yaitu Jaje Tareq atau biasa juga disebut Jaje Goro.

Ini adalah jajanan yang crunchy. Jajanan ini adalah makanan nenek moyang yang sudah diturunkan dari generasi ke generasi. Dengan bahan dasar beras, jajanan tradisional ini awalnya hampir punah karena sangat sedikit orang yang membuatnya. 

Namun kini semakin banyak yang membuatnya dan menjualnya sebagai oleh-oleh dari Lombok. Hampir di semua toko oleh-oleh khas Lombok menjual jajanan ini.

1. Tentang Jaje Tareq atau Jaje Goro

Cara Membuat Jaje Tareq Atau Jaje Goro Khas LombokJaje tareq (instagram.com/rm.khaslombokhj.ida)

Jajanan tradisional berbahan dasar tepung beras ini biasa dihidangkan pada saat kegiatan adat seperti khitanan, maulidan atau roahan. Selain itu, Mataram dan masyarakat sekitar juga memberikan kue Lombok Tareq ini untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri. 

Dan kini kue tradisional ini sudah diproduksi meski belum menjadi industri pesta besar dan dijadikan oleh-oleh yang bisa didapatkan di Lombok Suvenir Center. Kue ini sangat fenomenal, benar-benar dari Lombok. 

Jaje Tareq dibungkus dengan rapi, sehingga dapat dibawa meski perjalanan jauh. Jajanan ini juga termasuk dalam penganan yang tahan lama.

Baca Juga: Rara si Pawang Hujan Pakai Songket Lombok saat Beraksi di Mandalika

2. Rasanya renyah

Cara Membuat Jaje Tareq Atau Jaje Goro Khas Lombokmerahputih.com

Teksturnya cukup renyah dan rasanya yang gurih membuat siapa saja merasa ketagihan saat mencoba jajanan ini. Ada dua pilihan, yaitu menggunakan gula halus dan tanpa menggunakan gula halus.

Dulu, Tareq biasanya dibuat dengan beras yang dikumpulkan oleh ibu-ibu, yang ditumbuk, dicuci dan dicampur dengan santan dan gula merah. Kini dibuat dari tepung ketan sehingga rasanya lebih renyah.

Meski demikian, masih ada juga yang membuat Jaje Tareq menggunakan tepung beras. Hal itu tergantung selera dari yang membuatnya. Meski demikian, tak akan mengubah cita rasa dari Jaje Tareq itu sendiri.

3. Resep membuat Jaje Tareq atau Jaje Goro

Cara Membuat Jaje Tareq Atau Jaje Goro Khas LombokJaje tareq (instagram.com/doritis14)

Jaje Tareq kini banyak dijual dan dipasarkan di kios atau toko suvenir khas Lombok. Kue renyah ini juga populer di kalangan wisatawan.  Tareq menjadi oleh-oleh favorit untuk dibawa pulang oleh keluarga.
 
Bahan-bahan untuk membuat:
-1 kg tepung beras 
-250 gr tepung kanji
-2 butir telur
-Garam secukupnya
-500 ml santan kental
-Minyak goreng

Langkah membuat:
-Kukus tepung beras yang sudah halus selama kurang lebih 10 menit, lalu angkat
-Tambahkan telur, garam dan santan sedikit demi sedikit, aduk semua hingga adonan -menjadi kalis (jangan terlalu keras dan terlalu lembek)
-Setelah halus, giling hingga tipis, lalu bentuk adonannya
-Lalu kita goreng hingga berwarna kekuningan, angkat dan tiriskan
-Siap disantap

Demikian itu sederetan fakta dan resep untuk membuat Jaje Tareq atau Jaje Goro khas Lombok yang kini menjadi oleh-oleh favorit. Selamat mencoba!

Baca Juga: Pertama di Indonesia, KKP Luncurkan Kampung Lobster di Lombok Timur

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya