Comscore Tracker

Karateka NTB Zigi Zaresta Sumbang Medali Emas di SEA Games Vietnam 

Gagal di PON Papua, berjaya di SEA Games Vietnam

Mataram, IDN Times - Atlet asal Nusa Tenggara Barat (NTB) Ahmad Zigi Zaresta Yuda menyumbangkan medali emas bagi Indonesia pada ajang SEA Games Vietnam 2021. Karateka ini menambah perolehan medali untuk kontingen Indonesia dari cabang olahraga (cabor) karate nomor individual kata putra.  

Para atlet asal NTB memang silih berganti kontribusi dalam peraihan medali di SEA Games Vietnam ini. Sebelumnya, atlet lompat jauh NTB Sapwaturrahman pun menyumbang medali perunggu untuk Indonesia. Masih ada sejumlah cabor lainnya yang bisa berprestasi, seperti tinju, atletik, dan voli pasir. 

1. Penyumbang medali emas pertama Indonesia dari cabor karate

Karateka NTB Zigi Zaresta Sumbang Medali Emas di SEA Games Vietnam Atlet karate NTB Ahmad Zigi Zaresta (IDN Times/KONI NTB)

Keberhasilan Zigi menjadi penyumbang medali emas pertama bagi Indonesia. Ketua Umum KONI NTB Mori Hanafi menyampaikan ucapan selamat dan rasa bangganya. Di mana atlet asal NTB bisa berprestasi di ajang internasional serta mengharumkan nama bangsa. 

"Selamat untuk Zigi Zaresta Yuda. Sukses untuk Kontingen Merah Putih di ajang SEA Games 2021 Vietnam," katanya, Kamis (19/5/2022). 

Cabor karate menjadi pundi-pundi medali bagi Indonesia dengan total perolehan 1 emas dan 2 perunggu. 

Baca Juga: Bangga! Sapwaturrahman Persembahkan Medali Perunggu di SEA Games

2. Gagal di PON Papua, berjaya di SEA Games

Karateka NTB Zigi Zaresta Sumbang Medali Emas di SEA Games Vietnam Atlet karate NTB Ahmad Zigi Zaresta saat bertanding di SEA Games Vietnam (IDN Times/KONI NTB)

Zigi diketahui gagal meraih medali pada Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua XX 2021 lalu. Namun kali ini di ajang bergengsi, menurut Mori, atlet NTB ini berhasil mencatat prestasi di SEA Games Vietnam.

"Hasil emas Zigi di SEA Games sekaligus bukti bahwa ada yang aneh dalam penilaian dewan juri pada PON 2021 di Papua," ungkap Mori.

Sebelumnya, Zigi juga berhasil mempersembahkan medali perak untuk Indonesia di ajang Kejuaraan Asia. Pada Kejuaraan Asia, Zigi bersaing dengan sejumlah karateka hebat. Antara lain, Ryo Kiyuna, yang merupakan karateka juara Olimpiade, Asian Games, dan juara dunia empat kali.

3. Atlet NTB masih berpeluang tambah medali

Karateka NTB Zigi Zaresta Sumbang Medali Emas di SEA Games Vietnam Ketua Umum KONI NTB Mori Hanafi (IDN Times/Istimewa)

Lebih lanjut, Mori mengatakan atlet NTB masih berpeluang menambah perbendaharaan medali untuk Indonesia di SEA Games Vietnam. Misalnya, Huswatun Hasanah dari cabor tinju yang sudah masuk semifinal, atletik, hingga voli pasir. 

Hanya saja, atlet andalan NTB lainnya Lalu Muhammad Zohri masih gagal dalam menyumbang medali. Sprinter ini gagal di nomor atletik lari 100 meter hingga estafet putra. 

Ia hanya masih menyimpan asa pada nomor lari 200 meter putra.  "Mudah-mudahan di nomor 200 meter dapat meraih medali emas," harap Mori.

Pada SEA Games ke-31 di Vietnam, terdapat tujuh atlet NTB dalam Kontingen Indonesia. Mereka adalah Putu Dini Jasita Utami dan Dhita Juliana dari cabang olahraga voli pasir. Kemudian Sudirman Hadi, Lalu Muhammad Zohri, dan Sapwaturrahman dari cabang olahraga atletik. Selanjutnya, Ahmad Zigi Zaresta Yuda dari cabang olahraga karate dan Huswatun Hasanah dari cabang olahraga tinju.

Baca Juga: Tarik Setoran Awal BPIH, 701 CJH NTB Batal Naik Haji 

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya