Tebing di Jalan Menuju Wisata Pantai Selong Belanak Longsor

Warga diimbau waspada berkendara saat hujan deras

Lombok Tengah, IDN Times - Tebing di Jalan Tujat-tujat Dusun Serangan Desa Selong Belanak Kecamatan Praya Barat Kabupaten Lombok Tengah dikabarkan longsor. Terjadinya longsor di tebing tersebut akibat curah hujan yang cukup tinggi selama 2 hari terakhir ini.

Longsor tersebut menghalangi jalan raya. Sehingga dilakukan evakuasi oleh polisi dan warga setempat. Sebab jalan ini merupakan salah satu jalan utama menuju Destinasi Wisata Selong Belanak yang ada di Kabupaten Lombok Tengah.

1. Evakuasi material longsor

Tebing di Jalan Menuju Wisata Pantai Selong Belanak LongsorTebing di Jalan Selong Belanak longsor (Dok Polres Lombok Tengah)

Polisi sudah melakukan evakuasi terhadap tanah longsor yang menutupi sebagian jalan. Sehingga jalan itu bisa dilalui kembali oleh pengendara. Para pengendara juga diimbau untuk tetap waspada, terutama saat hujan. Sebab jalan menjadi licin dan tebing di sekitar jalan juga rawan longsor.

"Kami telah lakukan evakuasi dan membersihkan material longsor," kata Kapolres Loteng, AKBP Hery Indra Cahyono, SH, SIK, MH, didampingi Kapolsek Praya Barat, AKP Hery Indrayanto, SH, Senin (6/122021).

2. Turunkan alat berat

Tebing di Jalan Menuju Wisata Pantai Selong Belanak LongsorTebing di Jalan Selong Belanak longsor (Dok Polres Lombok Tengah)

Dalam melakukan evakuasi, polisi menggunakan alat berta dan mobil dum truck untuk mengangkut material longsor. Hal ini dilakukan untuk dapat segera membuka kembali akses jalan yang biasa digunakan oleh warga setempat. Harapannya longsor ini tidak terjadi lagi.

"Kami turunkan alat berat dan mobil dum truck untuk membersihkan bongkahan tanah guna memperlancar arus lalu lintas," terangnya.

Baca Juga: Lombok Barat Banjir, Warga Naik Atap Rumah Selamatkan Diri

3. Warga diimbau hati-hati

Tebing di Jalan Menuju Wisata Pantai Selong Belanak LongsorTebing di Jalan Selong Belanak longsor (Dok Polres Lombok Tengah)

Pihaknya mengimbau masyarakat sekitar agar lebih berhati-hati dan waspada terhadap dampak curah hujan yang terus menerus. Apalagi tebing-tebing di sekitar jalan juga sangat berpotensi longsor jika curah hujan semakin tinggi di wilayah itu. Masyarakat diimbau untuk tidak berkendara melewati tebing saat hujan deras untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

"Kami juga melakukan koordinasi dengan pihak  BPBD Loteng guna mengantisipasi dampak cuaca yang akhir-akhir ini cukup ekstrem," pungkas Kapolres.

Baca Juga: Tanah Longsor di Desa Buwun Mas Sekotong, Dua Rumah Rusak Parah

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya