TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pemda Cek Penginapan yang Belum Dipesan saat Event MotoGP  

Terjunkan tim ke kabupaten/kota di pulau lombok

Salah satu penginapan di wilayah selatan Lombok Timur (Dok. Dispar NTB)

Mataram, IDN Times - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) melalui Dinas Pariwisata menerjunkan tim ke kabupaten/kota yang berada di Pulau Lombok untuk menyisir penginapan yang belum terjual atau di-booking saat perhelatan MotoGP Mandalika, 18 - 21 Maret mendatang.

Pemprov NTB juga menyiapkan Posko Wisata Harmony MotoGP bagi masyarakat yang memiliki rumah kosong atau kos-kosan yang siap disewakan saat gelaran MotoGP 2022.

"Mulai hari ini Tim Dispar NTB fasilitasi Asita, ASPPI, IPI, Astindo dan pelaku usaha perjalanan meninjau penginapan yang belum dibooking atau belum terjual untuk tanggal 18-21 Maret ke spot penginapan di luar Mandalika, Mataram, dan Senggigi," ujar Kepala Dispar Provinsi NTB Yusron Hadi di Mataram, Rabu (26/1/2022).

Baca Juga: 3.000 Kamar Hotel Terapung Disiapkan untuk Penonton MotoGP

1. Cek hotel non bintang dan homestay

Salah satu rumah warga di sekitar kawasan Mandalika yang direhabilitasi menjadi sarhunta (Dok. Diskominfotik NTB)

Yusron menjelaskan penyisiran penginapan jenis hotel non bintang, homestay dan camping ground dimulai dari Kecamatan Bayan, dan Pemenang kabupaten Lombok Utara. Pada Kamis (27/1/2022), dilanjutkan ke wilayah Kecamatan Sekotong dan Narmada Kabupaten Lombok Barat.

Sedangkan pada Jumat (28/1/2022), penyisiran keterisian kamar penginapan hotel non bintang dan homestay akan dilanjutkan ke Kecamatan Sembalun, Jerowaro, Tetebatu dan Labuhan Haji Lombok Timur serta beberapa homestay desa wisata di Kecamatan Batukliang Utara Lombok Tengah.

"Dispar turunkan tim untuk mengecek detail keterisian kamar di 8 spot yaitu Mandalika, Sekotong, Mataram, Senggigi, tiga gili, Senaru dan Sembalun, Jerowaru, jalur tengah hingga Labuhan Haji. Dua sampai tiga hari kita akan tahu gambaran berapa keterisiannya," jelas Yusron.

2. Bantu hubungkan dengan travel agent

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno meninjau sarhunta di Desa Mong Lombok Tengah, Rabu (13/1/2022) atau sehari sebelum kunjungan Presiden ke kawasan Mandalika, Kamis (13/1/2022). Foto Humas Kemenparekraf

Untuk memaksimalkan pemanfaatan kos-kosan maupun rumah warga yang siap disewakan, Yusron mengatakan pihaknya bekerja sama dengan Hospitality Indonesia Network (HIN). Nantinya pemilik rumah atau kos-kosan mengisi formulir di Posko Wisata Harmony MotoGP yang berada di Kaantor Dispar NTB.

"Kita bisa bantu hubungkan dengan travel agent. Mereka kita bantu jualan termasuk kita hubungkan dengam travel agent, traveloka, booking.com atau reddoorz," ucapnya.

Baca Juga: NTB Siapkan 1.000 UMKM Lokal Jualan saat MotoGP Mandalika 2022 

Berita Terkini Lainnya