TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

NTB Belum Berani Pasang Target Kunjungan Wisatawan 

Ada tren peningkatan kunjungan wisatawan

Seorang wisatawan mancanegara menikmati keindahan Gili Trawangan menggunakan sepeda (IDN Times/Muhammad Nasir)

Mataram, IDN Times - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) belum memasang target kunjungan wisatawan meskipun menjadi lokasi perhelatan event internasional seperti MotoGP dan World Superbike (WSBK) 2022.

Pemprov NTB melalui Dinas Pariwisata (Dispar) masih mengkaji dengan melihat tren perkembangan kunjungan wisatawan pascagelaran MotoGP Mandalika.

"Menetapkan target kunjungan wisatawan itu tak sembarangan. Perlu dikaji dilihat tren perkembangan seperti apa. Kita baru saja menjadi tuan rumah MotoGP. Tentu saja harus dilakukan kajian menyeluruh untuk bisa memastikan berapa target kunjungan kita," kata Kepala Dispar Provinsi NTB Yusron Hadi.

Baca Juga: Joki Anak Tewas dalam Pacuan Kuda, Pemprov NTB Sebut sebagai Musibah 

1. Ada tren peningkatan kunjungan wisatawan

Wisatawan naik boat menuju Gili Trawangan dari Pelabuhan Bangsa Lombok Utara (IDN Times/Muhammad Nasir)

Pascagelaran MotoGP Mandalika, kata Yusron, ada tren peningkatan kunjungan wisatawan. Sejumlah penginapan masih ramai dikunjungi wisatawan baik dengan tujuan berwisata maupun bisnis.

"Memang ada efek dari MotoGP. Mereka sembari berwisata, mereka juga mampir ke Sirkuit Mandalika. Meskipun tidak berlangsung race tapi menyisakan kenangan bagi masyarakat yang ingin melihat sirkuit," kata Yusron.

2. Sirkuit Mandalika jadi destinasi baru

Patung Presiden Jokowi mengendarai motor di depan Sirkuit Mandalika menjadi spot swafoto (IDN Times/Muhammad Nasir)

Ia menyebut Sirkuit Mandalika menjadi destinasi wisata baru pascagelaran MotoGP Mandalika. Banyak wisatawan yang berkunjung ke NTB, juga mengunjungi Sirkuit Mandalika.

Pihaknya berharap Sirkuit Mandalika juga ada atraksi lain yang ditawarkan kepada pengunjung. Selain MotoGP, Sirkuit Mandalika juga akan menjadi lokasi gelaran WSBK dan World GT Challenge Asia.

Berita Terkini Lainnya