TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Balap 'GT World Challenge Asia' 2022 di Sirkuit Mandalika Dibatalkan 

Penyelenggara berharap dapat digelar tahun depan

Balap mobil GT World Challenge (Tangkapan layar akun YouTube GT World)

Lombok Tengah, IDN Times - Seri penutup Fanatec GT World Challenge Asia Powered by AWS tahun 2022 di Mandalika International Street Circuit resmi dibatalkan. Hal tersebut diumumkan dalam situs gt-world-challenge-asia.com pada Kamis (4/8/2022).

Dengan dibatalkannya balap mobil bergengsi region Asia itu, kalender GT World Challenge Asia 2022 akan menampilkan sepuluh balapan 60 menit di lima lokasi dan berakhir di Okayama, Jepang pada 23-25 ​​September.

Baca Juga: Jelang WSBK 2022, Sirkuit Mandalika Akan Diaspal Ulang 

1. Sebelumnya GT World Challenge Asia dijadwalkan 21 - 23 Oktober di Sirkuit Mandalika

Bathurst 6 Hour: 101 Jay Yang Lok Him Ho YukB Chan Lamborghini Huracan GT3 Evo Predator MAVs Esports | Xynamic Automotive Photography (photo: GT World Challenge)

Sebelumnya, Sirkuit Mandalika masuk dalam kalender GT World Challenge Asia 2022. Sirkuit Mandalika yang berada di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) mulai digunakan untuk balap World Superbike (WSBK) dan Asia Talent Cup (ATC) pada akhir 2021.

Mandalika telah menjadi tuan rumah putaran Kejuaraan Dunia MotoGP dan Superbike. Pada gelaran MotoGP Indonesia pada Maret lalu, Sirkuit Mandalika mendapat homologasi grade A dari FIM.

Namun, SRO Motorsports Group memahami bahwa modifikasi yang diperlukan untuk homologasi trek balap mobil tidak akan selesai sebelum Fanatec GT World Challenge Asia dijadwalkan berkunjung pada 21-23 Oktober 2022.

"Upaya untuk menunda acara, serta mencari tempat dan tanggal alternatif, juga terbukti tidak berhasil. Karena itu, SRO telah mengambil keputusan yang sulit tetapi tidak dapat dihindari untuk membatalkan acara tersebut dan menutup musim 2022 dengan 10 balapan," bunyi pernyataan resminya di situs gt-world-challenge-asia.com dikutip Kamis (4/8/2022).

2. Berharap dapat digelar tahun depan

Circuit Inspector FIA Scot Elkins melakukan inspeksi di Sirkuit Mandalika dalam rangka persiapan balap roda empat (IDN Times/Muhammad Nasir)

Co-Director GT World Challenge Asia, Benjamin Franassovici mengatakan ini adalah situasi yang sangat disayangkan. Pihaaknya juga tentu tidak pernah membayangkan ketika kalender GT World Challenge Asia tahun 2022 diumumkan pada Desember 2021 lalu.

Pihaknya telah mengetahui masalah homologasi selama beberapa waktu. Dan telah mencoba mencari solusi yang memungkinkan pihaknya untuk mengunjungi Mandalika sesuai rencana. Namun, setelah kehabisan semua kemungkinan untuk dapat digelar tahun 2022, sehingga pihaknya tidak punya pilihan selain membatalkan GT World Challenge Asia di Sirkuit Mandalika tahun 2022 ini.

“Saya tahu ini akan mengecewakan tim dan pembalap kami, juga para penggemar Indonesia yang sangat menantikan acara Fanatec GT World Challenge Asia di Mandalika. Kami berharap masalah ini dapat diselesaikan dan jaminan yang diperlukan dibuat sehingga kami dapat menjajaki opsi balapan di sana tahun depan," katanya.

Baca Juga: Tarif Hotel Naik Jelang WSBK Mandalika Diduga Ulah Broker 

Berita Terkini Lainnya