Jelang WSBK 2022, Sirkuit Mandalika Akan Diaspal Ulang 

Aspal ulang Sirkuit Mandalika akan dilakukan bulan September

Lombok Tengah, IDN Times - Sebelum perhelatan World Superbike (WSBK) Indonesia 2022, Sirkuit Mandalika, Kuta, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) akan diaspal ulang. Pengaspalan ulang akan dilakukan pada beberapa tempat atau titik lintasan.

Direktur Teknik dan Operasi Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Samsul Purba di Mandalika, Kuta Lombok Tengah, Senin (1/8/2022) menjelaskan tidak ada perbaikan yang berat dilakukan di Sirkuit Mandalika jelang WSBK. Untuk persiapan gelaran WSBK di Sirkuit Mandalika, MGPA dan Dorna Sports tetap melakukan rapat mingguan.

1. Sirkuit Mandalika akan ditutup sebulan untuk perbaikan

Jelang WSBK 2022, Sirkuit Mandalika Akan Diaspal Ulang Direktur Teknik dan Operasi MGPA Samsul Purba. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Purba mengatakan pada bulan September mendatang, Sirkuit Mandalika akan ditutup selama sebulan. Penutupan Sirkuit Maandalika untuk perbaikan lintasan di beberapa tempat yang akan diaspal ulang.

Perbaikan beberapa titik lintasan Sirkuit Mandalika ditargetkan selesai pada akhir Seotember. Sehingga pada bulan Oktober, Sirkuit Mandalika sudah ready atau siap digunakan perhelatan WSBK pada 11 - 13 November 2022.

Baca Juga: Dijual Bulan Ini, Harga Tiket WSBK Mandalika Lebih Murah dari MotoGP 

2. Pengaspalan ulang di beberapa tempat

Jelang WSBK 2022, Sirkuit Mandalika Akan Diaspal Ulang Tikungan 9 Sirkuit Mandalika. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Purba mengungkapkan pengaspalan ulang lintasan Sirkuit Mandalika hanya dilakukan di beberapa tempat. Pengaspalan ulang tidak dilakukan secara keseluruhan. Namun Purba tak menyebutkan panjang lintasan Sirkuit Mandalika yang akan diaspal ulang tersebut.

"Ada pengaspalan ulang di beberapa tempat tapi tidak seluruhnya. Nanti ditunggu saja (berapa meter yang diaspal). Karena saya masih kirim semua datanya ke FIM (Federasi Olahraga Sepeda Motor Internasional)," terangnya.

3. Aspal Sirkuit Mandalika akan dikupas

Jelang WSBK 2022, Sirkuit Mandalika Akan Diaspal Ulang Tikungan 10 Sirkuit Mandalika. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Secara keseluruhan, kata Purba, kondisi trek atau lintasan Sirkuit Mandalika masih cukup bagus. Tetapi butuh penyempurnaan di beberapa tempat.

Penyempurnaan dilakukan dengan mengaspal ulang lintasan sama seperti saat sebelum perhelatan MotoGP Mandalika pada Maret lalu. "Tekniknya seperti dulu kita aspal ulang. Kita kupas lalu aspal ulang," terangnya.

Purba menambahkan MGPA dan Dorna Sports selaku promotor WSBK secara rutin berkomunikasi untuk persiapan WSBK Mandalika 2022. "Kita ada weekly meeting dengan Dorna untuk persiapan WSBK. Jadi tiap minggu kita update bareng," ungkapnya.

Sirkuit Mandalika sendiri memiliki panjang lintasan 4,3 kilometer dengan lebar 15 meter. Sirkuit Mandalika dilengkapi dengan 17 tikungan serta memiliki speed trap atau gaya dorong pemicu pembalap untuk memaksimalkan kecepatan saat berlaga yang cukup lebar dan tinggi.

Trek ini dilengkapi dengan dua service road, yaitu service road inner dengan panjang 3,8 kilometer dan lebar 14 meter. Kemudian service road outer dengan panjang 4,32 kilometer dan lebar 14 meter, serta pit lane dengan panjang 835 meter dan lebar 14 meter.

Baca Juga: PK Ke-2 Dikabulkan MA, Lahan Hotel Pullman Mandalika Sah Milik ITDC 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya