Tarif Hotel Naik Jelang WSBK Mandalika Diduga Ulah Broker 

Broker borong kamar hotel dan dijual lagi

Mataram, IDN Times - Tarif kamar hotel menjelang perhelatan World Superbike (WSBK) Mandalika di Pulau Lombok mulai terjadi kenaikan. Kondisi ini dikhawatirkan akan menyebabkan orang berpikir ulang untuk menonton WSBK di Sirkuit Mandalika pada 11 - 13 November mendatang.

Terlebih harga tiket pesawat ke Lombok juga masih cukup mahal. Kenaikan harga tarif kamar hotel jelang perhelatan internasional itu diduga ulah oknum broker. Yaitu, oknum-oknum yang sengaja memborong kamar hotel lebih dulu kemudian dijual lagi.

1. Broker sulit dikendalikan

Tarif Hotel Naik Jelang WSBK Mandalika Diduga Ulah Broker Kepala Dinas Pariwisata Kota Mataram Nizar Denny Cahyadi. (Dok. IDN Times)

Kepala Dinas Pariwisata Kota Mataram Nizar Denny Cahyadi melihat ada oknum-oknum atau broker yang mencoba menaikkan harga tarif kamar hotel setiap menjelang perhelatan event internasional di Lombok. Ia memberikan contoh pada saat event MotoGP pada Maret lalu, tarif kamar hotel di Kota Mataram lebih dari tiga kali lipat. Padahal, Kota Mataram jauh dari lokasi event.

"Kalau kita mengacu pada MotoGP kemarin bisa tiga kali lipat naiknya. Dan ini sangat merusak image daerah," kata Denny dikonfirmasi di Mataram, Kamis (4/8/2022).

Baca Juga: Tiket Pesawat dan Hotel Mahal, WSBK Mandalika Terancam Sepi Penonton

2. Kontrol Pergub No. 9 Tahu 2022

Tarif Hotel Naik Jelang WSBK Mandalika Diduga Ulah Broker unsplash.com/Aaron Burden

Denny mengatakan Pemkot Mataram mendukung keluarnya Pergub No. 9 Tahun 2022 tentang Penuelenggaraan Usaha Jasa Akomodasi. Namun, Pergub tersebut harus benar-benar dikontrol pelaksanaannya di lapangan.

Berdasarkan Pergub No. 9 Tahun 2022, tarif batas atas harga kamar hotel disesuaikan dengan zonasinya. Untuk hotel dan penginapan yang berada di zona berlangsungnya event, kenaikan tarif harga kamar hotel maksimal tiga kali lipat.

Kemudian zona di luar berlangsungnya event, kenaikan tarif kamar hotel maksimal dua kali lipat. Sedangkan hotel dan penginapan yang berada di zona terjauh dari event, kenaikan tarif kamar maksimal satu kali lipat.

"Secara normatifnya kalau mengacu pada Pergub sesuai dengan apa yang dikeluarkan pak gubernur. Tetapi masih ada saya lihat oknum-oknum yang mencoba meng-up harga kamar hotel itu," katanya.

Denny mengatakan tarif kamar hotel yang dijual lewat online cukup sulit dikendalikan. Ada dugaan mereka memborong kamar hotel dulu, kemudian dijual dengan harga yang tinggi jelang event.

"Kalau yang online masih ada saja oknum-oknum yang memainkan harga itu. Kira-kira seperti broker. Itu sulit dikendalikan. Karena bukan ranahnya kita mengendalikan itu. Mungkin dari pusat yang bisa mengendalikan," ungkapnya.

3. Khawatir WSBK Mandalika sepi penonton

Tarif Hotel Naik Jelang WSBK Mandalika Diduga Ulah Broker Tribun penonton di Sirkuit Mandalika. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Gelaran WSBK Mandalika pada 11 - 13 November 2022 terancam sepi penonton. Pasalnya, harga tiket pesawat secara nasional masih cukup tinggi. Belum lagi, tarif kamar hotel di Pulau Lombok mulai merangkak naik. Padahal tiket WSBK Mandalika 2022 belum dijual.

Ketua Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia atau Association of The Indonesian Tours And Travel Agencies (ASITA) NTB, Dewantoro Umbu Joka meminta Pergub No. No. 9 Tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Usaha Jasa Akomodasi agar segera direvisi. Jika berkaca pada event WSBK Mandalika 2021, penonton banyak yang berasal dari luar NTB. Tetapi penontonnya berasal dari kementerian dan lembaga terkait.

Dewantoro berharap kepada pelaku wisata yang ada di NTB seperti usaha transportasi, travel agen dan perhotelan supaya jangan menaikkan harga akomodasi melampaui batas kewajaran. Menurutnya, harga akomodasi boleh naik tetapi harus wajar.

Karena gelaran WSBK dan MotoGP di Mandalika bukan hanya digelar tahun ini. Tetapi akan digelar dalam beberapa tahun mendatang. Menurut Dewantoro, Malaysia dan Thailand bisa dijadikan sebagai pembanding. Untuk paket nonton WSBK Mandalika dan berwisata paling tidak penonton mengeluarkan uang Rp4 - 5 juta.

Direktur Operasi dan Inovasi Bisnis ITDC Arie Prasetyo berharap Pemprov NTB melalui Dinas Pariwisata provinsi dan kabupaten/kota agar mengontrol tarif kamar hotel. Karena tiket WSBK belum dijual tetapi tarif kamar hotel mulai naik.

"Karena saya cek di lapangan harga hotel sudah mulai naik. Kita juga minta semua bagian (pihak terkait) jangan masing-masing meraup keuntungan sebesar-besarnya dari event ini. Karena yang kasihan customer. Harganya jadi gak terkontrol," katanya.

Apabila harga kamar hotel tak terkendali maka costumer atau penonton luar daerah yang kasihan. Misalnya harga tiket WSBK dijual Rp1 juta. Kemudian tarif kamar hotel yang biasanya Rp500 ribu dijual hingga Rp4 juta.

"Akhirnya total spendingnya Rp 5 - 6 juta. Saya takutnya ke depannya dalam jangka panjang custumer kecewa. Karena masa untuk nonton WSBK saja harus ngeluarin sampai Rp10 juta. Pergubnya sudah ada, tinggal bagaimana kita mengontrol Pergub ini bersama-sama," ujarnya.

Sementara itu, terkait mahalnya harga tiket pesawat ke Lombok, Gubernur NTB Zulkieflimansyah telah bersurat ke Pemerintah Pusat cq Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Pasalnya, NTB akan menjadi tuan rumah sejumlah event internasional seperti WSBK pada November mendatang.

Gubernur mengungkapkan salah satu hal yang menjadi pertimbangan dirinya bersurat ke Pemerintah Pusat. Karena Mandalika merupakan salah satu Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) di Indonesia. Menurut Gubernur, harga tiket pesawat bukan saja mahal. Tetapi juga susah didapatkan.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB Yusron Hadi mengungkapkan inti dari surat Gubernur ke Pemerintah Pusat adalah meminta adanya relaksasi agar harga tiket penerbangan ke Lombok bisa turun. Terlebih, menjelang 3 bulan ke depan ada event WSBK Mandalika.

"Para pelaku wisata kita mulai mengemas paket nonton WSBK sembari berwisata yang ditawarkan. Bila harga tiket pesawat tetap tinggi tentu berat bagi wisatwan yang hadir nonton WSBK dan Asia Talent Cup," kata Yusron.

Baca Juga: Balap MXGP 2023 Berpeluang Digelar di Kota Mataram 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya