TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Selain Anjing, Lintasan Sirkuit Mandalika juga Dihantui Biawak

Seekor biawak terlihat berada di sekitar Sirkuit Mandalika

Biawak ditemukan di dalam Sirkuit Mandalika/dok. Screenshot video tim evakuasi anjing liar

Lombok Tengah, IDN Times - Binatang liar masih menghantui lintasan Sirkuit Mandalika jelang event MotoGP yang akan digelar pada Jumat (18/3/2022) pekan ini. Selain anjing, biawak juga masih terlihat berkeliaran di sekitar sirkuit.

Pihak Mandalika Grand Prix Association (MGPA) telah memastikan sterilisasi lintasan sepanjang 4,3 kilometer Sirkuit Mandalika tiga hari jelang event MotoGP. Seperti penangkapan anjing liar dan pembersihan sisi Lintasan Sirkuit Mandalika.

Baca Juga: Fabio Quartararo Beli Gelang yang Dijual Anak Mandalika

1. Ada biawak ditemukan di dalam lintasan sirkuit

Biawak liar di dalam area Sirkuit Mandalika/dok. Screenshot video tim evakuasi anjing liar

Ketua Lombok Animal Lovers dr. Gede Sudjana mengaku tim evakuasi anjing liar di Sirkuit Mandalika menemukan satu binatang melata jenis biawak tepat di sisi lintasan Sirkuit Mandalika. Penemuan satu ekor Biawak itu, kata Gede, di sekitar area sisi Lintasan tepat di antara tikungan 5 dan 6 Sirkuit Mandalika. 

"Ini masalah serius. Kami khawatir jika itu tidak diamankan segera," kata Gede, Selasa (14/3/2022). 

Dari video yang beredar, Biawak ditemukan tim evakuasi anjing liar saat memeriksa pagar lintasan. Dari video tersebut, tim evakuasi belum bisa mengamankan satu ekor biawak yang diduga bersarang di bawah selokan sisi Lintasan Sirkuit Mandalika.

2. Belum bisa ditangkap

Lubang biawak di sisi lintasan Sirkuit Mandalika/dok. Tim evakuasi anjing liar

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam Provinsi NTB Joko Iswanto mengaku tidak mengetahui persis lokasi penemuan satu ekor biawak di dalam pagar lintasan Sirkuit Mandalika. 

"Tepatnya saya juga tidak tahu, yang jelas itu di dalam lintasan sirkuit. Itu yang ditemukan itu baru satu ekor," ujar Joko.

Menurut Joko, tim evakuasi anjing liar untuk kawasan Sirkuit Mandalika sempat mencoba menangkap satu ekor Biawak liar berukuran paha orang dewasa. Biawak itu mencoba memanjat keluar dari pagar bagian dalam area lintasan Sirkuit Mandalika.

"Gak sempat ketangkap, keburu kabur keluar (pagar lintasan, red)," kata Joko.

Dia pun menyarankan ke pihak PT ITDC agar memeriksa dan memperbaiki pagar di sekitar Sirkuit Mandalika sebelum event MotoGP dimulai tanggal 18 Maret 2022 nanti.

"Karena khawatir ada satwa liar yang melintas," kata Joko.

Baca Juga: Tak Sabar Lihat Mandalika, Fabio Quartaro Tiba di Lombok Lebih Awal 

Berita Terkini Lainnya