TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kamar Hotel Kurang, Penonton MotoGP Bisa Menginap di Camping Ground

Jumlah kekurangan kamar hotel di Lombok mencapai 20.000

rapat Sinkronisasi Panitia Nasional Pendukung Penyelenggaraan MotoGP tahun 2022 di Novotel Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kuta Mandalika IDN Times/Ahmad Viqi

Lombok Tengah, IDN Times - Pemerintah Pusat bersama Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat menyiapkan jumlah hunian untuk tamu event MotoGP di Sirkuit Pertamina Mandalika. Namun, 42 ribu kamar penginapan yang ada dinilai masih kurang. Sementara jumlah tiket yang tersedia mencapai 65 ribu lembar.

Hal itu diungkapkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno pada rapat Sinkronisasi Panitia Nasional Pendukung Penyelenggaraan MotoGP tahun 2022 di Novotel Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kuta Mandalika, Selasa (11/1/2022) siang kemarin.

Baca Juga: Keindahan Pantai Surga di Lombok dengan Hamparan Pasir Putih

1. Siapkan 398 Sarhunta

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno di Lombok IDN Times/Ahmad Viqi

Sandi mengatakan kurangnya jumlah kamar hotel untuk tamu MotoGP akan menjadi perhatian serius. Pemerintah akan mengambil langkah untuk Sarana Hunian Pariwisata (Sarhunta) bagi tamu event MotoGP di Sirkuit Pertamina Mandalika.

Diketahui bahwa jumlah Sarhunta di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika baru tersebar 300 unit. Selain tersebar di Mandalika, 98 Sarhunta berada di tiga Gili Tramena (Trawangan, Meno dan Air).

"Dengan adanya Sarhunta ini mudahan kekurangan 20 ribu bisa mengurangi jumlah kamar di Lombok," ujar Sandi, Selasa (11/1/2022) kemarin.

2. Bisa camping ground di Lombok

Ilustrasi camping ground IDN Times/Ahmad Viqi

Mantan Panglima Tentara Nasional Indonesia Hadi Tjahjanto mengatakan, bagi penonton yang belum mendapatkan kamar hotel bisa menginap di kapal terapung yang disiapkan pihak Kementerian Perhubungan RI. Selain menginap di Kapal Terapung dan Sarhunta, tamu MotoGP juga bisa memilih menginap di pulau Bali.

"Yang tinggal di Bali kita akan dukung menggunakan komuter plane. Jasa angkut laut itu sudah kita hitung berapa waktu sampai ke Gili Mas di Lembar Lombok Barat," ujar Hadi.

Selain dialihkan ke Pulau Bali, untuk mengantisipasi jumlah ketersediaan kamar di Lombok bagi tamu MotoGP, penonton bisa memilih untuk melakukan camping ground di beberapa titik. "Kami sampaikan ini skenarionya. Nanti ada empat kapal Pelni masing-masing kapasitas 1.000 dan 500 mereka akan docking di Lembar," kata Hadi. 

Baca Juga: Dua Siswa yang Berbuat Asusila di Lombok Timur Akhirnya Dinikahkan

Berita Terkini Lainnya