Pemprov NTB Alokasikan Rp30 Miliar Beasiswa Dalam dan Luar Negeri

300 mahasiswa NTB masih menyelesaikan kuliah di luar negeri

Mataram, IDN Times - Pemprov NTB mengalokasikan anggaran sebesar Rp30 miliar untuk program beasiswa dalam dan luar negeri di tahun 2023. Anggaran sebesar itu mampu mencover sekitar 2.000 mahasiswa untuk program beasiswa dalam negeri dan menyelesaikan lebih dari 300 mahasiswa di luar negeri.

"Tahun ini Rp30 miliar beasiswa untuk dalam dan luar negeri. Mahasiswa yang masih on going (sedang menyelesaikan kuliah) 300 orang di luar negeri. Kemudian sekitar 2.000 orang di dalam negeri," kata Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) NTB Amry Rakhman di Mataram, Rabu (2/8/2023).

1. Jenis-jenis beasiswa NTB dalam negeri

Pemprov NTB Alokasikan Rp30 Miliar Beasiswa Dalam dan Luar NegeriKepala Brida NTB Amry Rakhman. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Amry menjelaskan jenis-jenis beasiswa NTB untuk mahasiswa dalam negeri. Antara lain beasiswa miskin berprestasi, beasiswa stimulan unggulan, dan beasiswa stimulan kerja sama.

"Sekitar 2.000 orang di dalam negeri. Sekarang sedang proses, yang sedang menempuh pendidikan. Kalau beasiswa miskin berprestasi tetap setiap tahun," terangnya.

Baca Juga: Super Air Jet Buka Rute Lombok - Kuala Lumpur Mulai 23 Agustus 2023

2. 5 mahasiswa NTB dapat beasiswa full dari Cina

Pemprov NTB Alokasikan Rp30 Miliar Beasiswa Dalam dan Luar Negerifreepik

Amry menambahkan pada 5 Agustus mendatang sebanyak 5 mahasiswa NTB berangkat ke Cina. Mereka mendapatkan beasiswa full dari kampus di Cina. Sebenarnya, mereka berangkat pada 2020 lalu, tetapi karena pandemik COVID-19 sehingga sempat terhenti.

"Karena pandemik COVID-19, dia bahasa Cina setahun dan kuliah 2 semester. Berarti lanjut dia. Makanya berangkat tanggal 5 Agustus. Itu beasiswa full dari Cina untuk program studi S1," tuturnya.

3. Sebanyak 5.595 putra daerah dapat beasiswa dalam dan luar negeri

Pemprov NTB Alokasikan Rp30 Miliar Beasiswa Dalam dan Luar NegeriIlustrasi wisuda (IDN Times/Mardya Shakti)

Pemprov NTB mencatat sebanyak 5.595 putra daerah telah diberikan beasiswa kuliah di dalam dan luar negeri. Dari jumlah itu, sebanyak 723 putra daerah dikirim kuliah ke luar negeri pada 11 negara.

Untuk 723 orang yang dikirim kuliah ke luar negeri, sebanyak 419 orang sudah menyelesaikan kuliahnya atau sekitar 58 persen. Sedangkan sebanyak 304 orang masih kuliah di luar negeri.

Mahasiswa NTB yang kuliah di luar negeri tersebar di beberapa benua, yakni Eropa, Australia, dan Asia. Di Eropa, seperti negara Polandia, Rusia, Ceko, Hungaria. Kemudian di Asia, seperti Cina, Korea, Taiwan, Malaysia, dan Singapura. Sisanya ke Australia dan Sudan.

Baca Juga: Harta Kekayaan 3 Calon Penjabat Bupati Lotim, Kadisos NTB Paling Tajir

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya