Sipri Habur Beberkan Lima Masalah dalam Pembangunan Manggarai Timur 

Keselarasan program kerja antara daerah, provinsi dan pusat

Manggarai Timur, IDN Times - Wakil Bupati Manggarai Timur, Siprianus Habur membuka dan mengikuti Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Manggarai Timur. Siprianus menjelaskan lima masalah pokok dalam pembangunan di daerah itu.

Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Manggarai Timur bertujuan untuk memaparkan evaluasi capaian pembangunan, hasil analisis permasalahan tahun 2022 dan penyampaian target yang akan dicapai pada tahun 2024.

Forum ini merupakan salah satu tahapan penting dalam agenda perencanaan untuk tahun 2024. Selain itu juga berkesinambungan dengan RKPD tahun-tahun sebelumnya sebagai bagian dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2019-2024.

1. Lima kelompok permasalahan pembangunan di Manggarai Timur

Sipri Habur Beberkan Lima Masalah dalam Pembangunan Manggarai Timur Pixabaya.com/Elias

Wabup Sipri dalam sambutannya menyampaikan, ada lima kelompok permasalahan yang ada di Kabupaten Manggarai Timur.

Berdasarkan hasil pemetaan pemda, ada lima kelompok permasalahan di Kabupaten Manggarai Timur yaitu, masalah Sumber Daya Manusia (SDM), ekonomi, infrastruktur dan kebencanaan serta masalah bidang tata kelola pemerintahan.

"Lima masalah ini harus menjadi fokus perhatian bersama dalam forum ini, sehingga sasaran dan prioritas pembangunan menjadi lebih terarah di tahun 2024," tegas Wabup Sipri.

Baca Juga: Heboh Gunung di Takari NTT Bergeser, Fakta: Ternyata Tanah Longsor

2. Keselarasan program daerah, provinsi dan pusat

Sipri Habur Beberkan Lima Masalah dalam Pembangunan Manggarai Timur Pixabay.com/ Public Domain Pictures

Dalam Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Manggarai Timur tersebut, Sipri sapaan akrab Wakil Bupati Matim itu, menegaskan, keselarasan rancangan daerah dengan pemerintah pusat dan provinsi.

“Perencanaan yang kita lakukan di Kabupaten, harus selalu selaras dengan rancangan dan rencana kerja pemerintah provinsi dan pemerintah pusat," tegasnya.

Ditegaskannya, bahwa keselarasan rancangan pembangunan tersebut, tidak bisa diabaikan karena berimplikasi pada penganggaran.

"Selain itu rencana kerja yang kita buat harus bisa menjawab isu-su strategis pembangunan nasional,” tegasnya.

3. Optimalisasi sumber daya lokal

Sipri Habur Beberkan Lima Masalah dalam Pembangunan Manggarai Timur Infopublik.id/18 UMKM Asal NTT Ikut Pamerkan Produk Pada Gelaran MotoGP Mandalika Sabtu (12/3/2022).

Wabup Matim itu juga menekankan optimalisasi sumber daya lokal dalam pelaksanaan pembangunan dan kerja  sama lintas sektor. Menurutnya, ini yang harus semakin diperkuat untuk memaksimalkan pelaksanaan pembangunan di Manggarai Timur.

“Saya harap kita semua sebagai peserta kegiatan ini akan berperan aktif dalam memberikan informasi, masukan dan sumbangan pikiran yang inovatif dan bersifat membangun untuk pelaksanaan pembangunan Matim, ” ungkap Wabup Sipri.

Baca Juga: Pelaku yang Menebas Tangan Polisi hingga Nyaris Putus di NTT Ditangkap

Yos Syukur #NTT Photo Community Writer Yos Syukur #NTT

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya