Comscore Tracker

WorldSBK di Sirkuit MotoGP Mandalika Lombok Diundur

Karena pertimbangan pengiriman logistik

Lombok Tengah, IDN Times - Federation Internationale de Motocyclisme (FIM) bersama Dorna WorldSBK Organization (DWO) memastikan, gelaran World Superbike (WorldSBK) di Sirkuit MotoGP Mandalika, Lombok resmi diundur.

Informasi ini dikutip dari laman Instagram @themandalikagp, Minggu (26/9/2021).

Baca Juga: Jelang WSBK 2021, Pembangunan Hotel di Mandalika Sudah 90,66 Persen

1. Jadwal WorldSBK digeser satu pekan

WorldSBK di Sirkuit MotoGP Mandalika Lombok DiundurJonathan Rea dan Toprak Razgatlioglu pada GP Catalunya (twitter.com/bikesportnews)

Sebelumnya, PT Indonesia Tourism Development Corporation telah memastikan gelaran WorldSBK di Sirkuit MotoGP Mandalika tetap berlangsung pada tanggal 12-14 November 2021 mendatang.

WSBK akan digelar di Mandalika International Street Circuit untuk pertama kalinya.

"Dan ini akan menjadi final musim kejuaraan dunia superbike MOTUL FIM 2021, untuk pertama kalinya sejak tahun 1997 WorldSBK hadir kembali dengan putaran final musim 2021 yang akan berlangsung di bulan November di Pulau Lombok yang indah," tulis MGPA dalam Instagram @themandalikagp.

"Jadwal putaran Indonesia ini digeser 1 minggu dari jadwal semula yang sedianya akan dilaksanakan pada tanggal 12-14 November, diundur menjadi tanggal 19-21 November 2021," tulis Mandalika Grand Prix Association (MGPA).

2. Diundur karena logistik

WorldSBK di Sirkuit MotoGP Mandalika Lombok DiundurBalap Motor.Net

Diundurnya event tersebut, ujar MGPA, karena adanya pertimbangan logistik dan juga pengiriman barang. 

Selain itu, balapan ini diundur bukan hanya karena faktor teknis. Namun juga agar pelaksanaannya tidak bersamaan dengan final MotoGP yang berlangsung di Sirkuit Valencia, Spanyol.

3. Diganti event IATC

WorldSBK di Sirkuit MotoGP Mandalika Lombok DiundurPembalap Indonesia di ajang IATC Fadillah Aditama (instagram.com/f.arbi393)

Untuk mengisi waktu gelaran WorldSBK, tulis MGPA, pada tanggal 12-14 November yang semula menjadi jadwal gelaran WorldSBK di Sirkuit MotoGP Mandalika diubah menjadi event Idemitsu Asia Talent Cup (IATC).

"Tidak kalah serunya di tanggal 12- 14 November untuk pertama kalinya Mandalika akan menjadi tuan rumah untuk event IATC," katanya.

IATC, kata MGPA, merupakan kompetisi yang dikelola oleh Dorna Group.

Baca Juga: Jelang WSBK 2021, Pembangunan Hotel di Mandalika Sudah 90,66 Persen

4. Final WorldSBK di Sirkuit MotoGP Mandalika

WorldSBK di Sirkuit MotoGP Mandalika Lombok DiundurSalah satu tikungan di sirkuit Mandalika (instagram.com/themandalikagp)

Dipastikan, untuk final akhir musim 2021 WorldSBK yang jatuh pada 19-21 November 2021 di Mandalika, akan jadi tontonan yang sangat menarik.

Diharapkan dapat menjadi penutup musim WorldSBK yang menakjubkan.

"Kembalinya seri WorldSBK ke Indonesia di tahun ini yang dahulu pernah digelar di Indonesia pada tahun 1994–1997, tentu menjadi seri untuk Asia Tenggara yang sangat ditunggu oleh para penggemarnya di Indonesia," katanya 

Seperti dikutip dalam postingan tersebut, Asia Tenggara merupakan basis kuat sebagai negara-negara penggemar balap Motor WorldSBK.

"Ini adalah tonggak sejarah bagi Sirkuit Mandalika sebagai tuan rumah WorldSBK dan IATC dan merupakan hal yang paling penting bagi Dorna Group untuk selalu bekerja bersama dan menjalin hubungan dengan Indonesia melalui promotor MGPA," tutupnya.

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya