Comscore Tracker

Airlangga Pastikan Pendapatan dari Sirkuit Mandalika Rp500 M per Tahun

Penerbangan mancanegara mulai dibuka hari ini

Lombok Tengah, IDN Times - Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto membeberkan potensi pendapatan di Sirkuit Mandalika yang kini memiliki nama resmi Pertamina Mandalika Street Circuit yang berada di Praya, Lombok Tengah, NTB.

Dalam kunjungannya ke Sirkuit Mandalika, Kamis (14/10/2021) kemarin, Airlangga percaya pemerintah pusat bersama Pemerintah Provinsi NTB mampu mendatangkan pundi-pundi rupiah hingga ratusan miliar dari Mandalika.

Bagaimana tidak, pada 12 November 2021 ini saja akan digelar Idemitsu Asia Talent Cup (IATC), kemudian pada 19 November lanjut acara World Superbike (WSBK), dan kemudian acara yang ditunggu-tunggu yakni MotoGP pada 18 Maret tahun 2022.

Baca Juga: Resmi! MotoGP di Sirkuit Mandalika Digelar 18-20 Maret 2022

1. Penerbangan mulai dibuka hari ini

Airlangga Pastikan Pendapatan dari Sirkuit Mandalika Rp500 M per Tahunwebsite

Dalam kunjungannya kali ini, Airlangga mencoba lintasan Sirkuit Mandalika. Usai menjajal, dia menjelaskan bahwa wisatawan sudah mulai bisa masuk ke Indonesia pertengahan Oktober 2021, atau tepatnya hari ini, Jumat (15/10/2021).

Airlangga memastikan, seluruh event di Mandalika seperti IATC, WSBK, dan MotoGP akan mampu mendongkrak perekonomian masyarakat sekitar.

"Kita lihat kondisi (Bandara Internasional Abdul Madjid), airport-nya di Praya Lombok sudah siap menyambut para tamu dari berbagai belahan dunia," jelas Airlangga.

2. Pemerintah targetkan 7 juta wisatawan per tahun ke Mandalika

Airlangga Pastikan Pendapatan dari Sirkuit Mandalika Rp500 M per TahunKunjungan Airlangga Hartarto ke Sirkuit Mandalika/dok. Humas Pemprov NTB

Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika yang terintegrasi dengan Sirkuit Mandalika, lanjut Airlangga, diharapkan menjadi lokasi event wisata kelas dunia. 

Pembangunan seluruh infrastruktur pada KEK Mandalika, lanjutnya, merupakan proyek terbesar setelah pembangunan Nusa Dua di Pulau Bali. 

"Dalam beberapa dekade, kita tidak temukan ada kawasan ekonomi khusus tourism yang se-integritet dan sekomplit yang ada di Mandalika," jelas Airlangga.

Jika melihat dari kesiapan bandara, pelabuhan, dan proses pembangunan Kawasan Mandalika, beber Airlangga, pemerintah telah menarget jumlah kunjungan ke Mandalika mencapai 7 juta dalam satu tahun.

"Bandara kita sudah siap tampung penumpang per tahun. Pak Gubernur NTB juga sudah siap menerima tamu dari mancanegara," ujarnya.

3. Airlangga pastikan potensi pendapatan sekali event di Sirkuit Mandalika Rp500 miliar per tahun

Airlangga Pastikan Pendapatan dari Sirkuit Mandalika Rp500 M per TahunSalah satu tikungan di sirkuit Mandalika (instagram.com/themandalikagp)

Airlangga mengaku kagum melihat kecantikan alam luar biasa yang melingkari Sirkuit Mandalika. Dia yakin hal ini bakal mampu menambah jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia.

"Pemandangannya luar biasa, dan tadi sudah dipersiapkan traffik dari bandara ke Mandalika, sudah siap," jelasnya.

Sebelumnya Presiden Joko "Jokowi" Widodo telah meminta semua event selama pandemik COVID-19, jumlah penonton harus dibatasi. Airlangga menerangkan, berdasarkan arahan Presiden tersebut, jumlah penonton di Mandalika dibatasi hingga 25 ribu penonton.

"Kalau penontonnya 25 ribu, jadi ada potensi ekonomi di sana," bebernya.

Potensi pendapatan dalam sekali event MotoGP dan WSBK di Sirkuit Mandalika, lanjut Airlangga, mencapai Rp500 miliar.

"Jadi dalam sekali balapan atau dalam satu tahun, kita bisa mendapatkan uang mencapai Rp500 miliar per tahun," pungkasnya. 

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya