Comscore Tracker

Bikin Bangga! NTB Peringkat 6 pada Kejuaraan Nasional Atletik

Zohri sumbangkan medali emas dan perak

Mataram, IDN Times - Kontingen Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Nusa Tenggara Barat (NTB) meraih peringkat enam nasional pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Atletik yang digelar 6-11 Agustus di Semarang, Jawa Tengah. Provinsi NTB mendapatkan enam medali emas, tiga perak dan tiga perunggu.

"Alhamdulillah pada penutupan Kejurnas Atletik kemarin, kontingen NTB berhasil mengumpulkan enam medali emas, tiga perak dan tiga perunggu atau 12 medali secara keseluruhan," kata Ketua Pengurus Provinsi (Pengprov) PASI NTB, Muhammad Farid Ghozaly seperti dilansir dari Antara pada Jumat (12/8/2022).

1. Peraih medali emas

Bikin Bangga! NTB Peringkat 6 pada Kejuaraan Nasional AtletikIlustrasi medali PON (ANTARA FOTO/Zabur Karuru)

Ia mengatakan sumbangan medali emas masing-masing diperoleh dari Irim Astuti pada tolak peluru U-18 putri yang berhasil mencatat tolakan sejauh 12,53 meter, Mirawan dari nomor lari 400 meter U-20 putra dengan catatan waktu 49,90 detik, serta Lalu Muhammad Zohri dari nomor 100 meter senior putra dengan waktu 10,10 detik.

Selain itu juga dari Rohani yang berlomba pada lompat jauh senior putri dengan lompatan sejauh 5,94 meter, Dian Ekayanti dari nomor 3.000 meter SC senior putri dengan waktu tempuh 11:16,42 menit dan I Dewa Ayu Ita Aryanti dari tolak peluru senior putri dengan jarak lemparan 12,71 meter

2. Peraih medali perak dan perunggu

Bikin Bangga! NTB Peringkat 6 pada Kejuaraan Nasional AtletikPanitia penyelenggara menyiapkan sejumlah medali untuk cabang olahraga para-renang ASEAN Para Games 2022 di Stadion Jatidiri Semarang, Jawa Tengah, Senin (1/8/2022). Pada hari pertama pertandingan para-renang, tim renang Indonesia berhasil meraih total 23 medali dengan rincian 7 emas, 9 perak, dan 7 perunggu. (ANTARA/Aji Styawan)

Medali perak masing-masing disumbangkan Rizki dari lari 2.000 meter SC U-18 putra dengan waktu 6:39,08 menit, M Iqra Syaputra dari nomor lari 5.000 meter U-20 putra dengan waktu 16:28,16 menit dan Tim NTB yang terdiri atas Sudirman, Zohri, Iswandi, Sapwaturrahman pada estafet 4x100 meter senior putra.

Sedangkan medali perunggu diraih Sudriman Hadi pada nomor sprint 100 meter senior putra dengan waktu 10,36 detik dan Andrian 400 meter gawang senior putra dengan waktu 53,65 detik dan Rohani lompat jangkit senior dengan jarak 11,53 meter.

Baca Juga: Guru TK yang Ditemukan Meninggal di Mataram Dibunuh oleh Kekasihnya

3. Apresiasi semua atlet

Bikin Bangga! NTB Peringkat 6 pada Kejuaraan Nasional AtletikANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

PASI NTB mengirimkan 24 atlet untuk bertarung dalam Kejurnas Atletik 2022 yang di Gelanggang Olahraga (GOR) Tri Lomba Juang, Semarang tersebut.

"Kami berterima kasih dan mengapresiasi atas perjuangan dan capaian yang diraih para atlet NTB di Kejurnas di Semarang. Semoga di pertandingan berikutnya NTB dapat mampu meraih hasil maksimal lagi," katanya.

4. Provinsi Jawa Timur peringkat 1

Bikin Bangga! NTB Peringkat 6 pada Kejuaraan Nasional AtletikMedali emas di PON Papua (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Sementara itu peringkat pertama atau juara umum Kejurnas Atletik diraih kontingen Jawa Timur dengan 24 emas, 25 perak dan 17 perunggu atau total 66 medali.

Posisi runner up ditempati Jawa Tengah dengan 16 emas, 19 perak, dan 18 perunggu dengan total 53 medali. Peringkat tiga Jawa Barat dengan 12 emas, 8 perak, dan 9 perunggu atau 29 medali.

5. Harap yang terbaik di masa depan

Bikin Bangga! NTB Peringkat 6 pada Kejuaraan Nasional AtletikTwitter.com/@iaaforg

Peringkat empat Jakarta dengan 10 emas, 14 perak, 10 perunggu sehingga total 34 medali, Sumatra Barat di posisi lima dengan 8 emas, enam perak dan 11 perunggu atau 25 medali dan NTB diposisi ke enam dengan 6 emas, tiga perak dan tiga perunggu atau 12 medali.

NTB saat ini berada pada urutan keenam, diharapkan pada tahun-tahun berikutnya dapat memberikan yang terbaik dengan berada pada peringkat top 3.

Baca Juga: Hotel Ombak Sunset Bongkar Spot Foto Ayunan di Gili Trawangan

Yerin Sin Photo Community Writer Yerin Sin

Keep happy & healthy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya