Comscore Tracker

Siap Sambut Penonton WSBK, Jalan Depan Sirkuit Mandalika Sudah Mulus

Infrastruktur WSBK lebih siap dibandingkan saat MotoGP

Mataram, IDN Times - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah merampungkan pengerjaan pembangunan jalan dua jalur depan Sirkuit Mandalika, Kuta, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). Ruas jalan Kuta - Keruak sepanjang 5,3 km yang dibangun dua jalur dengan empat lajur itu konstruksinya sudah 100 persen dan siap digunakan saat perhelatan World Superbike (WSBK) Mandalika, pada 11 - 13 November mendatang.

Kepala Dinas PUPR NTB Ridwan Syah mengatakan konstruksi pembangunan jalan depan Sirkuit Mandalika telah tuntas 100 persen. Namun secara keseluruhan progresnya 95 persen karena sisanya 5 persen tinggal dilakukan pengecekan pada median jalan.

"Menjelang event WSBK pada 11-13 November itu. Seluruh infrastruktur sudah siap," kata Ridwan Syah dikonfirmasi IDN Times di Mataram, Rabu (5/10/2022).

1. Penataan koridor dan pengendali banjir juga tuntas

Siap Sambut Penonton WSBK, Jalan Depan Sirkuit Mandalika Sudah MulusPenataan koridor jalan di kawasan Mandalika. (dok. Dinas PUPR NTB)

Pembangunan jalan dua jalur depan Sirkuit Mandalika dimulai dari Bundaran Songgong sampai Bundara Tri Putri Mandalika. Proyek ini berada di bawah Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR.

Selain itu, proyek penataan koridor jalan di kawasan Mandalika di bawah Ditjen Cipta Karya juga sudah tuntas. Begitu juga proyek pengendalian banjir di kawasan Mandalika oleh Balai Wilayah Sungai (BWS) Nusa Tenggara 1 Ditjen Sumber Daya Air, Kementerian PUPR juga telah rampung.

"Dengan demikian, kita berharap di acara WSBK ini seperti harapan pak Presiden, menteri, gubernur , tidak boleh ada banjir, tidak boleh ada macet, tidak boleh ada kawasan kumuh, mudah-mudahan ini bisa terwujud," katanya.

Baca Juga: Hotel di Mataram Masih Sepi Pesanan Jelang WSBK Mandalika

2. Infrastruktur lebih siap dibandingkan saat MotoGP Mandalika

Siap Sambut Penonton WSBK, Jalan Depan Sirkuit Mandalika Sudah MulusKepala Dinas PUPR NTB Ridwan Syah. (dok. Istimewa)

Mantan Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembagunan Setda NTB ini mengatakan infrastruktur saat WSBK 2022 jauh lebih siap dibandingkan ketika gelaran MotoGP Mandalika pada Maret lalu. Dimana, ruas jalan Kuta - Keruak baru dituntaskan setengahnya sampai di depan Sirkuit Mandalika.

Tetapi sekarang, ruas jalan dua jalur itu sudah rampung 100 persen sampai bagian barat yaitu Bundaran Tri Putri Mandalika. Sehingga, lanjut Ridwan, apa yang menjadi kekurangan dan catatan-catatan pada saat MotoGP Mandalika 2022 telah dituntaskan.

3. Penonton WSBK tak sebanyak MotoGP

Siap Sambut Penonton WSBK, Jalan Depan Sirkuit Mandalika Sudah MulusSirkuit Mandalika (motogp.com)

Dengan rampungnya pengerjaan pembangunan ruas jalan depan Sirkuit Mandalika ini, kata Ridwan, Pemprov NTB bersama Polda NTB sedang menyusun rekayasa lalu lintas saat gelaran WSBK Mandalika 2022. Meskipun jumlah penonton WSBK tidak sebanyak MotoGP, tetapi rekayasa lalu lintas tetap dipersiapkan.

PT. Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) juga telah membangun tambahan tempat parkir terutama di kawasan timur Sirkuit Mandalika.

"Jalan-jalan masuk juga sudah diperlebar sehingga di luar sirkuit dan di dalam kawasaan sudah cukup memadai. Sehingga optimis kekurangan pada saat MotoGP 2022 maupun WSBK 2021 yang lalu mudah-mudahan dapat kita minimalisir," tandasnya.

Baca Juga: Genjot Lama Menginap Wisatawan, NTB akan Coba Konsep Promosi Metaverse

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya