Comscore Tracker

Kemenhub Batasi Maskapai Asing, Gubernur NTB Bersurat ke Pusat

Pembukaan rute Lombok - Singapura terhambat

Mataram, IDN Times - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membatasi maskapai asing membuka penerbangan langsung (direct flight) ke Indonesia. Hal ini menyebabkan rencana pembukaan penerbangan langsung rute Lombok - Singapura belum terealisasi hingga saat ini.

Sebelumnya, maskapai penerbangan bertarif rendah yang merupakan anak perusahaan Singapore Airlines, Scoot akan membuka rute internasional pada 18 Juni 2022 lalu. Kebijakan Kemenhub ditentang oleh Pemprov NTB yang sudah lama menunggu terealisasinya pembukaan rute tersebut untuk membangkitkan lagi sektor pariwisata yang terpuruk akibat pandemik COVID-19.

1. Pembukaan rute Lombok -Singapura terganjal di Kemenhub

Kemenhub Batasi Maskapai Asing, Gubernur NTB Bersurat ke PusatKepala Dishub NTB, Lalu Moh. Faozal (IDN Times/Muhammad Nasir))

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi NTB Lalu Moh. Faozal menjelaskan penyebab belum terealisasinya rute internasional tersebut.

"Ada kebijakan Kemenhub membatasi maskapai luar terbang ke Indonesia. Membatasi maskapai berbendera luar masuk ke Indonesia. Kebijakan dari Kementerian Perhubungan," tutur Faozal di Mataram, Jumat (9/9/2022).

Ia mengungkapkan alasan Kemenhub membatasi maskapai asing membuka rute internasional ke Indonesia. Alasannya adalah untuk menyelamatkan maskapai nasional.

"Scoot ini maskapai berbendera Singapura, akan masuk ke Indonesia. Ada regulasi kementerian perhubungan yang membatasi dulu maskapai berbendera asing untuk menyelamatkan maskapai nasional yang sedang sakit ini solusinya dari pemerintah," terang Faozal.

Baca Juga: NTB dan MGPA Cari Cara agar Warga Lokal Banyak Nonton WSBK 

2. Gubernur NTB surati dua kementerian

Kemenhub Batasi Maskapai Asing, Gubernur NTB Bersurat ke PusatGubernur NTB Zulkieflimansyah (IDN Times/Muhammad Nasir)

Faozal mengatakan Pemprov NTB mendesak Pemerintah Pusat segera mencabut kebijakan pembatasan maskapai asing membuka direct flight ke Indonesia, salah satunya ke NTB. Apalagi, NTB sekarang banyak menggelar event-event internasional.

Dalam waktu dekat, NTB akan menjadi tuan rumah gelaran balap internasional World Superbike (WSBK) Mandalika pada 11 - 13 November mendatang. Untuk itu, akses penerbangan internasional ke NTB harus dipermudah supaya banyak wisatawan mancanegara yang menonton WSBK Mandalika.

"Pak Gubernur bersurat ke Kementerian Perhubungan dan Kementerian Pariwisata. Supaya Scoot segera dapat terbang dari Singapura ke Lombok," tandas Faozal.

3. Baru satu rute penerbangan internasional ke NTB

Kemenhub Batasi Maskapai Asing, Gubernur NTB Bersurat ke PusatMaskapai AirAsia pernah melayani rute Lombok - Perth pada 2019 lalu(IDN Times/ Helmi Shemi)

Saat ini, baru satu rute penerbangan internasional ke NTB yaitu Lombok - Kuala Lumpur yang dilayani maskapai Air Asia sejak 1 Mei lalu. Sebelumnya, Scoot Airlines telah merencanakan akan membuka penerbangan langsung Lombok - Singapura pada 18 Juni 2022.

Scoot rencananya akan melayani direct flight Lombok - Singapura sekali dalam sehari. Diharapkan penambahan pembukaan rute internasional ini akan semakin meningkatkan kunjungan wisatawan ke NTB.

Selain pembukaan rute internasional Lombok - Kuala Lumpur, Pemprov NTB juga mendorong pembukaan rute Lombok - Perth Australia. Selain Malaysia dan Singapura, Australia menjadi pasar potensial pariwisata NTB. Australia menjadi salah satu asal wisatawan mancanegara yang cukup besar ke NTB sebelum pandemik COVID-19. Sebelum, pandemik COVID-19, rute Lombok - Perth dilayani maskapai Air Asia.

Baca Juga: Segera Cair, 466.426 KPM di NTB akan Terima BLT BBM

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya