TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Profil Nursiah, Seorang Doktor yang Jadi  Wakil Bupati Lombok Tengah 

Pernah menjadi ASN dengan berbagai jabatan

Wakil Bupati Lombok Tengah H Nursiah

Lombok Tengah, IDN Times - Dr. H. Nursiah, S.Sos, M.Si. merupakan sosok birokrat senior yang sudah menduduki beragam posisi jabatan karir di pemerintahan daerah Kabupaten Lombok Tengah. Dia kemudian maju di perhelatan bupati dan wakil bupati Lombok Tengah. Nursiah merupakan alumni Program Doktor IPDN Jakarta.

Saat ini Nursiah tengah fokus pada pengembangan Lombok Tengah bersama Bupati Lombok Tengah H Lalu Pathul Bahri. Keduanya berkomitmen untuk membangun Lombok Tengah menjadi daerah yang maju, sehingga perekonomian warga kembali bangkit setelah dihantam pandemik.

1. Pendidikan

Ilustrasi Pendidikan (IDN Times/Arief Rahmat)

Nursiah mengenyam pendidikan dasar di SDN 1 Batujai dan lulus pada tahun 1976. Kemudian melanjutkan sekolah menengah pertama di SMPN 2 Praya dan lulus pada tahun 1980. Dia melanjutkan sekolah menengah atas di SMAN 1 Praya dan lulus tahun 1983.

Nursiah melanjtutkan pendidikannya ke DIII APDN Mataram tahun 1990 mengambil jurusan Pemerintahan. Kemudian melanjutkan S1 di STIA LAN Bandung pada tahun 1997 mengambil jurusan Manajemen Pembangunan. Melanjutkan S2 di UGM Yogyakarta pada tahun 2001 mengambil jurusan Keuangan Daerah. Terakhir S3 di IPDN Jakarta pada tahun 2019 mengambil jurusan Ilmu Pemerintahan.

Baca Juga: Profil Sumiatun, Wakil Bupati Lombok Barat dari Partai Golkar

Nursiah pernah menjabat beragam posisi di pemerintahan. Dia pernah menjabat sebagai Kasubag LAPPD di Dinas Pendapatan Lombok Tengah pada tahun 1998-2001. Kemudian menjadi Kassubag Perbendaharaan di Bagian Keuangan Sekretariat Kabupaten Lombok Tengah pada tahun 2001-2003. Sebagai Camat Praya Timur pada tahun 2003 sampai tahun 2004.

Nursiah kemudian menjadi Kepala Bagian Keuangan pada Sekretariat Kabupaten Lombok Tengah tahun 2004-2007.  Kemudian juga sempat menduduki posisi Kepala Dinas Pendapatan tahun 2008-2009, lalu pada tahun 2009 menjadi Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Lombok Tengah. Setelah itu menjadi Asisten Administrasi Umum pada tahun 2016. Dia juga pernah menjadi Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Tengah pada 2016-2020. Kemudian pada tahun 2021 ini menjadi Wakil Bupati Lombok Tengah.

2. Karier

ilustrasi pria mengenakan setelan jas (pexels.com/Anthony Shkraba)

Baca Juga: Profil Bupati Lombok Tengah yang Daerahnya Punya Sirkuit

Berita Terkini Lainnya