TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Viral! Warga Terpencil di Lombok Barat  Melahirkan di Jalan 

Akses jalan dari rumah warga sulit

Seorang ibu yang melahirkan di jalan saat dibawa ke fasilitas kesehatan. Peristiwa terjadi di Dusun Memang, Desa Buwun Mas Kecamatan Sekotong Lombok Barat. (dok. Istimewa)

Lombok Barat, IDN Times - Viral di media sosial Facebook, seorang ibu di daerah terpencil Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB) melahirkan di tengah jalan. Peristiwa itu terjadi di Dusun Memang, Desa Buwun Mas, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat.

Video dengan durasi 1 menit 3 detik itu diposting akun Facebook FunkErun Ajiq. Hingga Rabu (22/2/2023), video pendek itu telah dibagikan 4.686 kali dan mendapat 483 komentar.

Baca Juga: Sanding Data Terhambat, Data yang Diberikan ITDC Tak Sesuai Permintaan

1. Mendapat atensi dari Ombudsman NTB

Asisten Ombudsman RI Perwakilan NTB Bidang Penanganan Laporan, Arya Wiguna. (dok. Ombudsman NTB)

Di sisi lain, peristiwa seorang ibu melahirkan di jalan itu mendapat atensi dari Ombudsman RI Perwakilan NTB. Ombudsman sedang mengumpulkan data-data terkait kronologi kasus tersebut.

"Tadi kami sempat bahas saat rapat, intinya kami sedang pengumpulan informasi dan data awal terkait kronologi kasus tersebut untuk dipelajari," kata Asisten Ombudsman RI Perwakilan NTB Bidang Penanganan Laporan, Arya Wiguna, Selasa (21/2/2023) malam.

2. Ombudsman dapat menindaklanjuti melalui mekanisme inisiatif.

IDN Times/Hana Adi Perdana

Arya menjelaskan dari hasil pengumpulan data dan informasi, nantinya akan dipertimbangkan apakah dapat ditindaklanjuti sebagai laporan melalui mekanisme insiatif atas prakarsa sendiri Ombudsman. Atau memang mendorong pasien atau keluarga pasien untuk menyampaikan laporan ke Ombudsman Perwakilan NTB

"Karena berdasarkan mekanisme internal ada mekenisme laporan, laporan langsung atau Ombudsman melakukan insiatif atas prakarsa sendiri," terangnya.

Baca Juga: Walhi Sebut 7.280 Pulau dalam Ancaman Krisis Iklim, Termasuk NTB 

Berita Terkini Lainnya