TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pendaki Perempuan Edukasi Gerakan Nol Sampah di Rinjani 

Sepanjang 2021, sampah di Rinjani mencapai 5.425,61 kg

Clean up sampah di Gunung Rinjani yang dilakukan Balai TNGR. (dok. Balai TNGR)

Lombok Timur, IDN Times - Geopark Rinjani dan Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) melibatkan para pendaki perempuan dalam mengedukasi gerakan nol sampah di Gunung Rinjani lewat Women Geo Adventure Camp.

Persoalan sampah di Gunung Rinjani menjadi isu lingkungan yang penting di destinasi wisata tujuan wisatawan domestik dan mancanegara tersebut. Program zero waste yang digagas Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) harus didukung oleh seluruh pihak.

Baca Juga: Sebelum WSBK 2022, Sirkuit Mandalika akan Diperbaiki dan Dipercantik 

1. Rinjani bukan sekedar tempat wisata

Wakil Gubernur NTB Dr Hj Sitti Rohmi Djalilah antisipasi penularan COVID-19/dok. Humas Pemprov NTB

Wakil Gubernur NTB Hj. Sitti Rohmi Djalilah menyatakan Rinjani bukan sekedar tempat wisata tetapi juga menjadi pusat kehidupan di Pulau Lombok. Sehingga ia berharap Women Geo Adventure Camp dapat mendukung gerakan zero waste.

"Terutama menyelamatkan Rinjani dari sampah," kata Rohmi di Sekolah Alam Rinjani, Sembalun, Lombok Timur, Sabtu (13/8/2022).

2. Pecinta alam berperan menyelamatkan lingkungan

Sampah yang berserakan di jalur pendakian Rinjani. (dok. Balai TNGR)

Wagub mengatakan peran para pecinta alam berkontribusi menyelamatkan lingkungan dan mengajak masyarakat sangat penting. Terlebih, program yang menyasar para pendaki perempuan sangat dibutuhkan setidaknya bagi komunitas para pendaki agar tidak lagi membuang sampah di Gunung Rinjani.

Pada kesempatan tersebut, Wagub juga berdialog dan menjelaskan program penanganan sampah NTB yang saat ini telah mencapai 70 persen pengurangan sejak empat tahun lalu. Ia mengingatkan para stakeholders kabuapten/ kota dan pihak terkait seperti dinas dan pemerintah desa benar-benar mengawasi persoalan sampah di tempat masing masing.

Baca Juga: Taman Loang Baloq Makin Cantik, Mataram Optimistis Juarai ADWI 2022 

Berita Terkini Lainnya