TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

NTB Dorong Penerbangan Lombok - Perth Australia Segera Dibuka 

Australia pasar potensial pariwisata NTB

Maskapai AirAsia pernah melayani rute Lombok - Perth pada 2019 lalu. (IDN Times/ Helmi Shemi)

Mataram, IDN Times - Selain pembukaan rute internasional Lombok - Kuala Lumpur, Pemprov NTB juga mendorong pembukaan rute Lombok - Perth Australia. Kedua negara tersebut menjadi pasar potensial pariwisata NTB.

Australia menjadi salah satu asal wisatawan mancanegara yang cukup besar ke NTB sebelum pandemik Covid-19. Selain Australia, kunjungan wisatawan mancanegara juga banyak berasal dari Malaysia.

Baca Juga: Bandara Lombok akan Buka Penerbangan Rute Kuala Lumpur 

1. Jajaki kerja sama sektor pariwisata

Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno didampingi Kepala Dispar NTB Yusron Hadi berkunjung ke Gili Trawangan, Sabtu (19/2/2022) (Dok. Dispar NTB)

Kepala Dinas Pariwisata NTB Yusron Hadi mengatakan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno sedang melancong ke Australia terkait dengan kerja sama sektor pariwisata.

Kehadiran Menparekraf diharapkan dapat mendorong juga pembukaan kembali rute penerbangan langsung Perth Australia - Lombok.

"Mudah-mudahan ini akan berimbas ke wisata kita di NTB yang notabene wisatawan Australia cukup besar," kata Yusron dikonfirmasi IDN Times, Sabtu (9/4/2022).

2. Kunjungan Menparekraf diharapkan bawa angin segar bagi pariwisata NTB

Wisatawan saat berada di Gili Trawangan (IDN Times/Muhammad Nasir)

Jumlah kunjungan wisatawan Australia ke Indonesia mencapai 1,4 juta orang setahun sebelum pandemik. Sebagian besar wisatawan Australia berkunjung ke Bali dan Lombok.

"Makanya kehadiran pak menteri yang ketemu Menteri Perdagangan, Pariwisata dan Investasi Australia. Mudah-mudahan membawa angin segar bagi pariwisata NTB," harapnya.

Baca Juga: Tersangka Hoaks Dana PEN, Polda NTB Tahan Ketua KSU Rinjani 

Berita Terkini Lainnya