TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Ini Dampak Positif MotoGP terhadap UMKM dan Pariwisata NTB 

Bahan masukan untuk Wapres RI

Pembalap Repsol Honda Team Marc Marquez memacu sepeda motornya saat sesi latihan bebas 1 MotoGP seri Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Jumat (18/3/2022). (ANTARA FOTO/Andika Wahyu)

Mataram, IDN Times - Kantor Sekretariat Wakil Presiden (Setwapres) menggelar pertemuan dengan Pemprov Nusa Tenggara Barat (NTB), Bank Indonesia, dan ITDC (Indonesia Tourism Development Corporation) di Kantor Gubernur NTB, Kamis (19/5/2022). 

Tim Setwapres dipimpin Tiaful Elfrida Simanungkalit sedang menggali dampak positif pagelaran balapan MotoGP terhadap sektor pariwisata dan UMKM di NTB. 

Dalam kesempatan itu, Pemprov NTB menyatakan perhelatan MotoGP Mandalika berdampak terhadap ekonomi NTB pada triwulan I 2022 (y-on-y) tumbuh sebesar 7,76 persen. Selain itu, perputaran uang saat perhelatan MotoGP Maandalika mencapai Rp606,7 miliar.

Baca Juga: Efek MotoGP, Ekonomi NTB Triwulan I 2022 Tumbuh 7,76 Persen 

1. Sebagai bahan masukan ke Wapres

Pimpinan Tim Setwapres Tiapul Elfrida Simanungkalit (IDN Times/Muhammad Nasir)

Elfrida mengatakan, pihaknya memang datang guna mengevaluasi pelaksanaan MotoGP bagi pertumbuhan ekonomi NTB, terutama UMKM dan pariwisata. Hasil kunjungan yang nantinya akan dilaporkan secara langsung kepada Wapres Ma'ruf Amin. 

"Kita mau melihat perkembangan pasca MotoGP terutama terkait UMKM dan pariwisata," kata Elfrida.

Pihaknya ingin mengetahui perkembangan UMKM dan pariwisata NTB. Jangan sampai setelah event MotoGP, tidak ada lagi aktivitas UMKM.

"Ini masukan juga ke depan, ketika ada event tidak berhenti pada saat event saja," ujarnya.

2. MotoGP berdampak bagi pertumbuhan ekonomi

Ilustrasi produk UMKM (IDN Times/Anggun Puspitoningrum)

Berdasarkan informasi yang didapatkan, pertumbuhan ekonomi NTB pada triwulan I 2022 tumbuh sebesar 7,76 persen. Hal ini membuktikan bahwa event MotoGP berdampak luar biasa terhadap ekonomi NTB.

Tetapi pertumbuhan ekonomi yang besar tersebut tak boleh berhenti di situ. Namun diharapkan akan terus tumbuh meskipun tidak ada event MotoGP. Untuk itu, kata Elfrida, pengembangan sektor pariwisata NTB nantinya akan difokuskan dalam pelbagai event sport tourism.

Baca Juga: Perputaran Uang Selama MotoGP Mandalika Capai Rp606,7 Miliar 

Berita Terkini Lainnya