TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Desa Wisata Buwun Sejati dan Loang Baloq Dipersiapkan Juarai ADWI 2022

Dua desa wisata wakili NTB di tingkat nasional

Desa wisata Buwun Sejati Lombok Barat (Dok. Dispar NTB)

Mataram, IDN Times - Pemprov NTB bersama Pemda Kabupaten Lombok Barat dan Pemkot Mataram sedang mempersiapkan dua desa wisata agar dapat menjuarai ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

Dua desa wisata di NTB lolos masuk 50 besar ADWI 2022, yaitu Desa Wisata Buwun Sejati Lombok Barat dan Taman Hiburan Rakyat Loang Baloq Kota Mataram. Saat ini, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) tengah melakukan proses penilaian 50 desa wisata di Indonesia.

Baca Juga: Selangkah Lagi, NTB dan NTT Akan Jadi Tuan Rumah PON 2028 

1. Desa Wisata Buwun Sejati dan Loang Baloq persiapkan diri

Taman hiburan rakyat Loang Baloq Kecamatan Sekarbela Kota Mataram (IDN Times/Muhammad Nasir)

Kepala Dinas Pariwisata NTB Yusron Hadi menjelaskan setelah penetapan 50 besar desa wisata yang masuk ADWI 2022, Kemenparekraf sedang dalam proses penilaian. Dalam rangka persiapan menghadapi proses penilaian, dua desa wisata di NTB yaitu Buwun Sejati dan Loang Baloq sedang mempersiapkan diri

"Pemprov mendampingi, mengawal proses ini dengan bekal pengalaman yang sudah kita dapatkan dalam ADWI tahun sebelumnya," jelas Yusron di Mataram, Selasa (31/5/2022).

2. Pemda Lombok Barat dan Pemkot Mataram bentuk tim

Wisata paralayang di Taman Hiburan Rakyat Loang Baloq (Foto Istimewa)

Yusron mengungkapkan Pemda Lombok Barat dan Pemkot Mataram sudah membentuk Tim Persiapan Lomba ADWI 2022. Tim tersebut melibatkan perangkat daerah masing-masing.

Menghadapi penilaian dari Kemenparekraf, ujar Yusron, Pemprov NTB membantu dari sisi peningkatan kapasitas dan teknis lainnya. "Dua desa wisata itu akan menampilkan kondisi dari 7 kriteria penilaian. Nanti pusat yang akan menilai mereka hingga 2 bulan ke depan," terang Yusron.

Baca Juga: Gagal di SEA Games, Zohri Tetap Dipersiapkan untuk Asian Games 2023 

Berita Terkini Lainnya