Gagal di SEA Games, Zohri Tetap Dipersiapkan untuk Asian Games 2023 

Perolehan medali atlet NTB di SEA Games turun

Mataram, IDN Times - Sprinter Indonesia asal Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB) Lalu Muhammad Zohri gagal mempersembahkan medali untuk Merah Putih pada SEA Games Vietnam beberapa waktu lalu. Namun, Zohri akan tetap dipersiapkan dalam ajang Asian Games 2023.

"Zohri tetap akan membela Indonesia. Tahun depan Asian Games 2023," kata Sekretaris Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) NTB M. Nur Haedin dikonfirmasi di Mataram, Senin (30/5/2022).

1. Atlet andalan NTB

Gagal di SEA Games, Zohri Tetap Dipersiapkan untuk Asian Games 2023 Sekretaris KONI NTB M. Nur Haedin (IDN Times/Muhammad Nasir)

Pada SEA Games Vietnam 2021, Zohri diturunkan pada tiga nomor. Yaitu estafet, nomor 200 meter dan nomor 100 meter. Namun Zohri dan kawan-kawan gagal menyumbangkan medali. Atlet atletik NTB hanya menyumbang perunggu pada nomor lompat jauh yang diraih Sapwaturrahman.

Kegagalan Zohri meraih medali tidak bisa hanya dilihat dari satu sisi. Karena menurut Edo - sapaan akrabnya, perkembangan olahraga atletik sangat pesat. Sehingga banyak faktor yang menyebabkan Zohri tidak bisa menyumbang medali di SEA Games Vietnam.

"Yang jelas kita di NTB Zohri masih yang terbaik. Ini soal nasib kalau melihat catatan waktunya. Namanya cabor terukur agak sulit kita prediksi. Tapi itu harus kita terima. Zohri dkk menjadi andalan kita untuk PON Sumut dan Aceh 2024," kata Edo.

Baca Juga: Bangga! Lima Atlet NTB ini Dapat Medali di SEA Games Vietnam

2. Perolehan medali atlet NTB menurun

Gagal di SEA Games, Zohri Tetap Dipersiapkan untuk Asian Games 2023 Atlet karate NTB Ahmad Zigi Zaresta Yuda mempersembahkan medali emas untuk Indonesia di SEA Games Vietnam (IDN Times/KONI NTB)

Perolehan medali atlet NTB pada SEA Games 2022 turun dibaandingkan pada SEA Games 2019. Pada SEA Games Vietnam 2021, atlet NTB mempersembahkan satu medali emas, 2 perak dan satu perunggu.

Sedangkan pada SEA Games 2019, atlet NTB berhasil menyumbang 5 medali emas, satu perak dan perunggu. Edo mengatakan KONI akan melakukan pembenahan. Apalagi menghadapi PON 2024 di Sumatera Utara dan Aceh. Kemudian pada PON 2028, NTB dan NTT akan menjadi tuan rumah.

3. Lima atlet NTB sumbang empat medali di SEA Games Vietnam

Gagal di SEA Games, Zohri Tetap Dipersiapkan untuk Asian Games 2023 Atlet lompat jauh NTB Sapwaturrahman meraih medali perunggu di SEA Games Vietnam (Dok. Kemenpora RI)

Sebanyak lima atlet asal NTB menyumbang medali untuk Indonesia di SEA Games Vietnam 2021. Sebanyak 4 medali berhasil dibawa pulang untuk kontingen Merah Putih. Medali yang dipersembahkan atlet NTB yaitu satu emas, dua perak dan satu perunggu.

Medali emas disumbangkan dari cabor karate, medali perak dari cabor tinju dan voli pantai dan medali perunggu dari cabor atletik lompat jauh.

Pada SEA Games ke-31 di Vietnam, ada tujuh atlet NTB dalam Kontingen Indonesia. Mereka adalah Putu Dini Jasita Utami dan Dhita Juliana dari cabang olahraga voli pantai.
Kemudian Sudirman Hadi, Lalu Muhammad Zohri dan Sapwaturrahman dari cabang olahraga atletik. Selanjutnya, Ahmad Zigi Zaresta Yuda dari cabang olahraga karate dan Huswatun Hasanah dari cabang olahraga tinju.

Baca Juga: Unesco Revalidasi Rinjani, Wagub NTB Harap Tetap Jadi Geopark Dunia 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya