Selangkah Lagi, NTB dan NTT Akan Jadi Tuan Rumah PON 2028 

Tuan rumah PON 2028 diputuskan bulan Juli

Mataram, IDN Times - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) NTB dan NTB telah menyerahkan surat kesediaan menjadi tuan rumah bersama Pekan Olahraga Nasional (PON) 2028 pada acara halal bihalal KONI Pusat di Banten, 26 Mei 2022. NTB dan NTT telah mendapatkan dukungan dari 27 KONI provinsi untuk menjadi tuan rumah PON 2028.

Artinya, selangkah lagi NTB dan NTT akan ditetapkan menjadi tuan rumah bersama PON Nusa Tenggara 2028. Penetapan tuan rumah PON 2028 akan diputuskan dalam Rakernas KONI Pusat pada Juli mendatang.

1. Didukung Ketua MPR RI, KONI NTB semakin optimis

Selangkah Lagi, NTB dan NTT Akan Jadi Tuan Rumah PON 2028 IDN Times/Marisa Safitri

Ketua KONI NTB Mori Hanafi mengaku semakin optimis NTB dan NTT akan ditetapkan menjadi tuan rumah bersama PON 2028. Apalagi Ketua MPR RI yang juga Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Pusat Bambang Soesatyo mendukung NTB dan NTT menjadi tuan rumah PON 2028.

"Karena kita bukan saja didukung oleh 27 Ketua KONI provinsi tetapi juga kepala daerahnya. Jadi kelihatan sampai saat ini tidak ada yang daftar menjadi tuan rumah PON 2028 selain NTB dan NTT. Apalagi Ketua MPR RI juga mendukung kita," kata Mori dikonfirmasi di Mataram, Senin (30/5/2022).

Baca Juga: Unesco Revalidasi Rinjani, Wagub NTB Harap Tetap Jadi Geopark Dunia 

2. Serahkan surat pendaftaran

Selangkah Lagi, NTB dan NTT Akan Jadi Tuan Rumah PON 2028 Ketua Umum KONI NTB Mori Hanafi (IDN Times/Istimewa)

Mori mengatakan penyerahan surat pendaftaran pada pekan lalu dilakukan KONI NTB bersama KONI NTT yang diwakili Ketua KONI NTT Josef A. Nae. Soi. Surat pendaftaran yang diserahkan kepada Ketua KONI Pusat Marciano Norman sudah ditandatangani dirinya dan Ketua KONI NTT Josef A. Nae Soi.

Penyerahan surat pendaftaran ini sebagai langkah awal. Selanjutnya KONI NTB dan KONI NTT akan melengkapi syarat-syarat yang dibutuhkan termasuk biaya yang dibutuhkan untuk mengikuti bidding tuan rumah PON 2028.

Mori menyebut NTB dan NTT kemungkinan akan menjadi calon tunggal tuan rumah bersama PON 2028. Karena sampai saat ini belum ada provinsi lain yang menyerahkan surat pendaftaran atau kesediaan menjadi tuan rumah.

3. NTB dan NTT punya daya tarik

Selangkah Lagi, NTB dan NTT Akan Jadi Tuan Rumah PON 2028 Pemandangan Sirkuit Mandalika dari udara yang diklaim MotoGP sebagai sirkuit paling indah di dunia (www.instagram.com/@motogp)

Sekretaris KONI NTB M. Nur Haedin menambahkan bahwa penetapan tuan rumah PON 2028 akan dilakukan pada Juli mendatang. Pada Juni mendatang, kata pria yang akrab disapa Edo ini, NTB dan NTB akan menyampaikan presentasi sebagai calon tuan rumah PON 2028.

"Banyak keuntungan menjadi tuan rumah. Pertama support dari pusat tentang sarana prasarana akan ditambah, pembenahan stadion atau pembangunan stadion baru, peningkatan fasikitas tempat pertandingan. Perhotelan dan transportasi pasti akan bergerak," kata Edo.

Jika pada saat PON Papua sekitar 6.000 orang yang datang. Maka di PON 2028 diperkirakan menjadi dua kali lipat bahkan sampai 15.000 orang. Hal itu, kata Edo, karena NTB memiliki daya tarik.

"Karena kita punya daya tarik, kita punya sirkuit balap MotoGP maupun balap motocross. Orang datang bukan hanya menonton tapi juga berwisata. Kita perkirakan 15.000 akan datang. Dan kemungkinan 60 cabor dipertandingkan," ucapnya.

 

Baca Juga: Bamsoet: Pembalap Motor NTB Minimal Sumbang 2 Emas di PON 2024 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya