TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Butuh Biaya Rp600 Miliar, NTB Tak Paksakan Gelaran F1 di Mandalika 

Gubernur sebut Bintan kalah seksi dibandingkan Mandalika

twitter.com/FIAFormulaE

Mataram, IDN Times - Gelaran balap Formula 1 di Sirkuit Mandalika terancam batal. Karena saat ini akan dibangun Sirkuit Formula 1 di Bintan Kepulauan Riau.

Groundbreaking pembangunan Sirkuit Formula 1 Bintan akan dimulai bulan ini, dan ditargetkan rampung selama 8 bulan. Pembangunan Sirkuit Formula 1 Bintan tidak menggunakan dana APBN tetapi murni investasi swasta.

Baca Juga: Selangkah Lagi, NTB dan NTT Akan Jadi Tuan Rumah PON 2028 

1. Butuh biaya Rp600 miliar

Gubernur NTB Zulkieflimansyah (IDN Times/Muhammad Nasir)

Gubernur NTB Zulkieflimansyah menanggapi terkait terancam batalnya gelaran balap Formula 1 di Sirkuit Mandalika. Ia mengungkapkan perhelatan balap Formula 1 merupakan keinginan Presiden Joko "Jokowi" Widodo.

Ia menyebut biaya yang dibutuhkan untuk menggelar balapan Formula 1 mencapai Rp600 miliar hingga triliunan. Melihat kondisi permasalahan yang dihadapi pemerintah pusat saat ini, seperti minyak goreng dan lainnya, NTB tidak memaksakan untuk menggelar balap Formula 1.

"Karena memang biayanya sangat besar. Kalau Rp600 miliar sampai triliunan memang bukan dalam jangkauan Pemda. Tapi (Formula 1) betul-betul keinginan pemerintah pusat," kata Gubernur Zulkieflimansyah dikonfirmasi di Mataram, Selasa (31/5/2022).

2. Belum ada pembicaraan setelah pertemuan di Abu Dhabi

balapan Formula 1 GP Eropa di Valencia pada 2012 (motor1.com)

Gubernur yang biasa disapa Bang Zul ini mengungkapkan gelaran balap Formula 1 tahun 2024 merupakan keinginan Presiden. Presiden ingin memberikan hadiah buat Indonesia pada 2024 mendatang.

"Tapi kalau keadaan ekonomi kita tidak memungkinkan. Kita tidak akan memaksakan itu. Dan belum ada tindaklanjut pasca pertemuan di Abu Dhabi. Karena kemarin itu ada masalah minyak goreng dan sebagainya. Agak sensitif bicara tentang loma-lombaan," terangnya.

Baca Juga: Desa Wisata Buwun Sejati dan Loang Baloq Dipersiapkan Juarai ADWI 2022

Berita Terkini Lainnya