Desa Wisata Buwun Sejati dan Loang Baloq Dipersiapkan Juarai ADWI 2022

Dua desa wisata wakili NTB di tingkat nasional

Mataram, IDN Times - Pemprov NTB bersama Pemda Kabupaten Lombok Barat dan Pemkot Mataram sedang mempersiapkan dua desa wisata agar dapat menjuarai ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022.

Dua desa wisata di NTB lolos masuk 50 besar ADWI 2022, yaitu Desa Wisata Buwun Sejati Lombok Barat dan Taman Hiburan Rakyat Loang Baloq Kota Mataram. Saat ini, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) tengah melakukan proses penilaian 50 desa wisata di Indonesia.

1. Desa Wisata Buwun Sejati dan Loang Baloq persiapkan diri

Desa Wisata Buwun Sejati dan Loang Baloq Dipersiapkan Juarai ADWI 2022Taman hiburan rakyat Loang Baloq Kecamatan Sekarbela Kota Mataram (IDN Times/Muhammad Nasir)

Kepala Dinas Pariwisata NTB Yusron Hadi menjelaskan setelah penetapan 50 besar desa wisata yang masuk ADWI 2022, Kemenparekraf sedang dalam proses penilaian. Dalam rangka persiapan menghadapi proses penilaian, dua desa wisata di NTB yaitu Buwun Sejati dan Loang Baloq sedang mempersiapkan diri

"Pemprov mendampingi, mengawal proses ini dengan bekal pengalaman yang sudah kita dapatkan dalam ADWI tahun sebelumnya," jelas Yusron di Mataram, Selasa (31/5/2022).

Baca Juga: Selangkah Lagi, NTB dan NTT Akan Jadi Tuan Rumah PON 2028 

2. Pemda Lombok Barat dan Pemkot Mataram bentuk tim

Desa Wisata Buwun Sejati dan Loang Baloq Dipersiapkan Juarai ADWI 2022Wisata paralayang di Taman Hiburan Rakyat Loang Baloq (Foto Istimewa)

Yusron mengungkapkan Pemda Lombok Barat dan Pemkot Mataram sudah membentuk Tim Persiapan Lomba ADWI 2022. Tim tersebut melibatkan perangkat daerah masing-masing.

Menghadapi penilaian dari Kemenparekraf, ujar Yusron, Pemprov NTB membantu dari sisi peningkatan kapasitas dan teknis lainnya. "Dua desa wisata itu akan menampilkan kondisi dari 7 kriteria penilaian. Nanti pusat yang akan menilai mereka hingga 2 bulan ke depan," terang Yusron.

3. 153 desa wisata mendaftar, hanya 2 masuk 50 besar

Desa Wisata Buwun Sejati dan Loang Baloq Dipersiapkan Juarai ADWI 2022Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno didampingi Kepala Dispar NTB Yusron Hadi berkunjung ke Gili Trawangan, Sabtu (19/2/2022) (Dok. Dispar NTB)

Sebelumnya, sebanyak 153 desa wisata dari 10 kabupaten/kota di NTB mendaftar mengikuti ADWI 2022. Dari jumlah tersebut ada 21 desa wisata yang lolos masuk 500 besar. Kemudian, hanya 2 desa wisata yang masuk 50 besar ADWI 2022.

Tahun 2022 sebanyak 3.419 desa wisata di 34 provinsi di Indonesia yang mendaftar ikut ADWI 2022. Jumlahnya melebihi target 3.000 desa wisata sebelumnya. Adapun 21 desa wisata NTB yang lolos masuk 500 besar ADWI 2022 tersebar di 10 kabupaten/kota di NTB.

21 Desa Wisata yang masuk 500 besar ADWI 2022 dari NTB antara lain Lombok Barat yaitu Desa Wisata Banyumulek, Desa Wisata Dewi Bahari Batu Putih, Desa Wisata Lembar Selatan, Desa Wisata Buwun Sejati, Desa Wisata Batu Kumbung dan Desa Wisata Mekarsari.

Dari Kabupaten Lombok Tengah yaitu Desa Wisata Halal Setanggor, Desa Wisata Wisata Edukasi Religi Kebangsaan, Desa Wisata Rembitan, dan Desa Wisata Puyung. Selanjutnya, Kabupaten Lombok Timur yaitu Desa Wisata Tetebatu, Desa Wisata Sapit, Desa Wisata Loyok, Desa Wisata Labuan Lombok.

Kemudian Bima yaitu Desa Wisata Kampung Bawang, Dompu Desa Wisata Malaju Mantika, Lombok Utara Desa Wisata Genggelang, Sumbawa Desa Wisata Ekowisata Bahari Prajak, Sumbawa Barat Desa Wisata Bukit Not Beka Beka Taliwang, Kota Bima Desa Wisata Tenun dan Kota Mataram Desa Wisata Taman Loang Baloq.

Lomba ADWI 2022 meliputi 7 kriteria. Yaitu CHSE, kualitas toilet, daya tarik wisata, content creatif, digital, homestay, dan tata kelola desa wisata.

Tahun lalu, NTB mengirim 91 desa wisata ikut ajang ADWI 2021. Ada tiga desa wisata yang meraih penghargaan, yaitu Desa Wisata Bonjeruk untuk kategori toilet, Desa Wisata Sesaot untuk kategori CHSE dan Desa Wisata Senaru kategori daya tarik objek wisata.

Baca Juga: Gagal di SEA Games, Zohri Tetap Dipersiapkan untuk Asian Games 2023 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya