TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

26 Kapal Rute Lembar - Padangbai Disiapkan Layani Pemudik 

Armada disiapkan dua kali lipat antisipasi mudik lebaran

Layanan penyeberangan di Lintasan Padangbai (Bali)-Lembar (Lombok, Nusa Tenggara Barat/NTB) selama perhelatan MotoGP Mandalika 2022. (dok. ASDP Indonesia Ferry)

Mataram, IDN Times - Ketua Gabungan Pengusaha Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan(Gapasdap) menyebutkan ada 26 kapal yang akan disiapkan untuk angkutan mudik di penyeberangan Pelabuhan Lembar, Lombok Barat - Pelabuhan Padangbai, Bali.

Dalam mudik tahun ini, diperkirakan terjadi peningkatan jumlah penumpang sebesar 40 - 45 persen. Karena Pemerintah telah mengizinkan warga untuk mudik lebaran dengan syarat-syarat yang telah ditetapkan.

Baca Juga: Amazing! Rp166 Miliar Disiapkan untuk Bayar THR PNS Pusat di NTB

1. Jumlah armada ditingkatkan dua kali lipat

Ketua Gapasdap Cabang Lembar Denny F. Anggoro (IDN Times/Muhammad Nasir)

Ketua Gapasdap Cabang Lembar, Denny F. Anggoro menyebutkan jumlah armada ditingkatkan menjadi dua kali lipat untuk mengantisipasi lonjakan pemudik. Dalam kondisi normal, armada yang melayani penyeberangan Lembar - Padangbai sebanyak 13 kapal.

"Untuk persiapan mudik, jumlah armada kita siapkan untuk penyeberangan Lembar - Padangbai sebanyak 26 kapal. Biasanya sehari untuk jadwal jadwal normal 13 kapal," kata Denny di Mataram, Selasa (19/4/2022).

Denny mengungkapkan apabila terjadi lonjakan jumlah penumpang, maka armada akan ditambah lagi sesuai kebutuhan. Apalagi, pihaknya memperkirakan jumlah pemudik akan terjadi peningkatan 40 - 45 persen lewat rute Lembar - Padangbai.

2. Rute Lombok - Surabaya dan Lombok - Banyuwangi

Ilustrasi Kapal Feri (Kapal Penyeberangan) (IDN Times/Sukma Shakti)

Selain itu, kata Denny, pemudik yang berasal dari Pulau Jawa juga dapat langsung memanfaatkan layanan rute pelayaran dan penyeberangan Lombok - Surabaya dan Lombok - Banyuwangi. Untuk rute Lombok - Surabaya dilayani tiga kapal besar yaitu KMP DLN Oasis 2 unit dan atu kapal milik PT. Dharma Lautan Utama (DLU).

Kemudian ada rute Pelabuhan Gili Mas Lembar - Pelabuhan Tanjung Wangi Jawa Timur dan Pelabuhan Lembar - Pelabuhan Ketapang Banyuwangi Jawa Timur. Denny memperkirakan para pemudik dari Pulau Jawa maupun NTB akan terjadi peningkatan pada tiga rute tersebut.

Baca Juga: Terungkap! ini Pengakuan Amak Sinta Usai Kasusnya Dihentikan Polda NTB

Berita Terkini Lainnya