Bayi Berkaki Enam Asal Lombok Timur Ternyata Kembar Siam

RSUD NTB siapkan 8 dokter spesialis untuk lakukan operasi

Mataram, IDN Times - Direktur RSUD NTB dr. Lalu Herman Mahaputra mengatakan bayi berkaki enam yang akan dioperasi di RSUD NTB ternyata kembar siam. RSUD NTB bekerja sama dengan Rumah Sakit Universitas Airlangga dan RSUD dr. Soetomo Surabaya untuk melakukan operasi terhadap bayi asal Desa Suangi Kecamatan Sakra, Lombok Timur tersebut.

"Bukan kaki enam, tapi itu bayi kembar siam dari Lombok Timur. Kita di RSUD NTB, dr. Hananto yang menangani saat ini. Saya sudah dilaporkan dan membentuk tim beberapa dokter spesialis bekerja sama dengan RS Unair dan RSUD dr. Soetomo Surabaya. Perbaiki kondisinya dulu baru nanti akan dilakukan tindakan pemeriksaan," kata Dokter Jack - sapaan akrab Direktur RSUD NTB ini dikonfirmasi di Mataram, Senin (17/7/2023).

1. Telah dilakukan pemeriksaan pada bulan Juni

Bayi Berkaki Enam Asal Lombok Timur Ternyata Kembar SiamTim dokter RSUD NTB saat melakukan operasi bedah cesar. (dok. RSUD NTB)

Dokter Jack menyatakan jika dilihat secara sekilas memang bayi tersebut terlihat seperti berkaki enam. Tetapi bayi yang dirujuk dari RSUD dr. Soedjono Selong Lombok Timur itu adalah anak kembar siam atau paracitic ischipagus conjoint twin.

Dijelaskan, telah dilakukan pemeriksaan medis dan penunjang pada bulan Juni lalu. "Itu kembar siam, kelihatannya mungkin kaki tangan jadi satu. Tapi itu anak kembar siam Nanti saya akan info kapan dioperasi. Saya punya dokter spesialis bedah anak dibantu Tim dari RS Unair dan RSUD dr Soetomo Surabaya," terangnya.

Baca Juga: Bayi Berkaki Enam Asal Lombok Timur akan Dioperasi di RSUD NTB

2. Siapkan 8 dokter spesialis

Bayi Berkaki Enam Asal Lombok Timur Ternyata Kembar SiamProses kelahiran bayi kembar empat di RSUD NTB lewat operasi Cesar. (dok. RSUD NTB)

Dalam penanganan bayi kembar siam ini, lanjut Dokter Jack, dirinya sudah membentuk tim di RSUD NTB. Dalam tim tersebut melibatkan 8 dokter spesialis RSUD NTB. Terdiri dari Dokter Spesialis Bedah Anak, Dokter Spesialis Anak, Dokter Spesialis Bedah Ortopaedi. Dokter Spesialis Anastesi, Dokter Spesialis Radiologi, Dokter Spesialis Bedah Plastik, Dokter Spesialis Urologi dan Dokter Spesialis Patologi Klinik

"Selain itu, RSUD Provinsi NTB juga bekerja sama dengan Tim Kembar Siam RSUD dr. Soetomo Surabaya dalam perencanaan tindakannya," ungkapnya.

3. Bayi lahir pada 10 November 2022

Bayi Berkaki Enam Asal Lombok Timur Ternyata Kembar SiamIlustrasi kembar siam (Dok.IDN Times/Istimewa_

Humas RSUD dr. Soedjono Selong, Muhammad Rahmatullah mengatakan bayi tersebut lahir pada 10 November 2022 di RSUD dr. Soedjono Selong. Saat ini, pasien sedang dalam penanganan RSUD Provinsi NTB.

Rahmatullah menjelaskan berdasarkan informasi yang diperoleh dari Wakil Direktur Pelayanan RSUD dr. Soedjono Selong, bahwa pasien ini sekarang menjadi kelolaan RSUD Provinsi NTB dan RSUD dr Soetomo Surabaya.

"Untuk pelaksanaan tindakan operasi baik tanggal, tempat dan perkiraan biaya akan menunggu hasil asessment dari RSUD dr. Soetomo Surabaya," terangnya.

Untuk pembiayaan terhadap operasi bayi tersebut, Pemprov NTB dan Pemda Lombok Timur siap memberikan dukungan. Dikatakan, pasien tersebut sudah memiliki kartu BPJS Kesehatan.

Baca Juga: Diduga Setubuhi Anak Kandung, Pria di Lombok Babak Belur Diamuk Massa 

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya