TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Wow! Ternyata ini Arsitek yang Mendesain Sirkuit Pertamina Mandalika

Arsitek khusus fasilitas olahraga

Keindahan Sirkuit Pertamina Mandalika setelah dicat (Facebook Zulkieflimansyah)

Lombok Tengah, IDN Times - Sebagian besar rakyat Indonesia saat ini masih mengagumi keindahan serta kemegahan dari Sirkuit Pertamina Mandalika yang ada di Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Namun demikian tidak banyak yang tahu siapa dan perusahaan mana sebenarnya arsitek Sirkuit Pertamina Mandalika yang akan menjadi lokasi balap MotoGP tahun 2022.

Tidak hanya menampilkan sisi trek pertandingan yang menarik dan menakjubkan saja, namun perencanaan teknologi serta sisi keamanan juga banyak menjadi bahan pertimbangan dari arsitek. Bagi yang belum tahu siapa arsitek di balik terwujudnya Mandalika, berikut ini informasi lebih lanjut.

Baca Juga: Sirkuit Mandalika Akan Dipakai untuk MotoGP, WSBK dan IATC Tahun 2022

1. Arsitek kelas dunia

Sejumlah pekerja melakukan tes kedalaman tekstur aspal lintasan Mandalika International Street Circuit di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Minggu (15/8/2021). (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)

Untuk berhasil membangun sirkuit kebanggaan bangsa Indonesia ini rupanya diputuskan untuk menggandeng arsitek kelas dunia yang berpengalaman. Arsitek tersebut merupakan salah satu yang terbiasa mendesain sarana olahraga kelas dunia, contohnya Stadion Wembley.

Maka dari itu tidak heran jika hasil akhir sirkut ini tampak menarik dan tidak kalah dengan sirkuit internasional lainnya. Karena dalam membangun Mandalika, Indonesia mempercayakan pada jasa arsitek dari Inggris yang bernama Populous.

Bagi yang tidak berkecimpung di dunia arsitek mungkin masih belum familiar dengan nama Populous. Apalagi memang ini merupakan arsitek yang berasal dari luar Indonesia dan merupakan ahli dari pembangunan sarana olahraga saja.

Populous sendiri merupakan perusahaan arsitek besar dengan pengalaman lebih dari 30 tahun yang sudah memiliki nama besar di kalangan jasa arsitek khusus prasarana olahraga kelas dunia. Tercatat ada banyak stadion hingga sarana olah raga terkenal dunia di berbagai negara yang telah menggunakan jasa dari perusahaan arsitek di London tersebut.

2. Bekerja dengan kontraktor ternama

ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

Tidak hanya didukung oleh jasa arsitek kenamaan, namun dalam membangun sirkuit itu sendiri juga dilakukan kerja sama dengan kontraktor ternama Vinci Construction dari Perancis. Berkat kerjasama arsitek yang hebat serta pengembang kenamaan, tentu tidak heran jika Mandalika memiliki hasil akhir yang menawan.

Apalagi jasa konstruksi yang dipercaya memang telah memiliki portfolio yang sesuai. Sehingga pekerjaannya tidak hanya tepat waktu namun juga rapi dan maksimal.

Baca Juga: Warga Lombok Ramai Kunjungi Sirkuit Mandalika, Tak Sabar Nonton MotoGP

Berita Terkini Lainnya