TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Dua Dusun di Sekotong Lombok Terendam Banjir, 182 KK Terdampak

Warga: setiap hujan pasti terjadi banjir

Banjir rendam rumah warga di Sekotong Lombok Barat/dok. Polsek Sekotong

Lombok Barat, IDN Times - Banjir kembali terjadi di Dusun Bengkang dan Dusun Kebeng Desa Persiapan Pengantap, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat, Minggu (2/1/2022) kemarin. Kondisi itu dikeluhkan warga setempat. Sebab setiap hujan deras, dua Dusun tersebut menjadi langganan banjir.

Hingga saat ini belum ada solusi jangka panjang yang diberikan oleh pemerintah setempat. Warga berharap Pemkab Lombok Barat memikirkan nasib mereka yang setiap musim hujan selalu direndam banjir.

Baca Juga: Tanah Longsor di Desa Buwun Mas Sekotong, Dua Rumah Rusak Parah

1. 182 KK terdampak

182 KK terdampak/dok. Polsek Sekotong

Kapolsek Sekotong, Iptu I Kadek Sumerta mengatakan pihaknya telah melakukan pemantauan lokasi banjir dan membantu warga terdampak. Dari hasil pendataan sementara, sedikitnya 102 Kepala Keluarga (KK) di dua Dusun tersebut terendam banjir.

"Sekitar 102 KK yang terdampak banjir di Dusun Bengkang, kemudian di Dusun Kebeng terdampak sekitar 80 KK," ungkapnya, Senin (3/1/2022).

2. Banjir setinggi pinggang orang dewasa

Banjir terjang dua dusun di Sekotong/dok. Polsek Sekotong

Sumerta menjelasakan pada saat banjir terjadi, tinggi air mencapai hingga pinggang orang dewasa di dua dusun ini. Dari penuturan warga, banjir yang terjadi diduga karena air kiriman yang berasal dari Kabupaten Lombok Tengah.

“Ini akibat adanya intensitas hujan yang cukup tinggi menyebabkan terjadinya banjir dan luapan air sungai,” katanya.

Dari hasil pemantauan di lapangan, luapan air sungai masuk ke perkampungan Dusun Kebeng dan Dusun Bengkang. Sebab, air sungai yang dilalui tidak dapat membendung volume air yang cukup deras.

“Ini juga disebabkan karena jembatan penghubung antara Dusun Bengkang dan dusun lainnya sedang dalam proses perbaikan,” katanya.

Baca Juga: Dua Desa di Sekotong Lombok Barat Terendam Banjir

Berita Terkini Lainnya