Jajal Sirkuit Mandalika, Khofifah: Saya Memang Hobi Balap

Jajal sirkuit Mandalika bersama pembalap Moto3 asal Jatim

Mataram, IDN Times - Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa ternyata punya juga jiwa muda. Gubernur perempuan ini dengan santai menjajal sirkuit kebanggaan Indonesia, yaitu Sirkuit Pertamina Mandalika di Lombok Tengah Nusa Tenggara Barat (NTB), Rabu (19/1/2022) kemarin.

Ia berhasil finis melewati 17 tikungan Sirkuit Pertamina Mandalika ditemani Gubernur NTB Zulkieflimansyah dalam dukungan kepada pembalap Moto3 asal Magetan Jatim Mario Suryo Aji.

Khofifah mengaku sudah menggemari dunia balapan sejak usia muda. 

"Anda memanggilkan memori saya, saya itu sejak SMP kelas 2 tahun 1977, saya ini sering balap motor di kampung saya dulu, tapi bukan balap liar," ujar Khofifah.

1. Kagum dengan keindahan Sirkuit Mandalika

Jajal Sirkuit Mandalika, Khofifah: Saya Memang Hobi BalapPenampakan Sirkuit Mandalika dari Udara tepat di tikungan ke 16 dan 17/dok. Humas Kemenparekraf RI

Khofifah sengaja datang ke NTB dalam berbagai kegiatan acara. Selepas mengisi kuliah umum di Kampus Nahdlatul Ulama NTB Mataram, ia pun langsung mencicipi keindahan Sirkuit Mandalika. 

Sirkuit di mana pembalap tanah air dijadwalkan melakukan latihan dari 19 hingga 21 Januari 2022 di Sirkuit Pertamina Mandalika. 

“Mandalika lebih memiliki keunikan dan daya tarik yang luar biasa,” katanya di Prime Park Hotel Mataram.

Datang membawa pembalap muda yang masuk pada seri Moto3 mewakili Indonesia. Di sini pembalapnya mengaku sangat antusias ketika mencoba trek Sirkuit Pertamina Mandalika.

“Kita bicara di luar dari standardisasi iya. Sirkuit ini diapit oleh bukit-bukit yang indah. Jadi kata Mario ini indah sekali. Warga NTB berbahagialah,” ujarnya.

Baca Juga: Pemprov NTB Berutang Rp500 Miliar untuk Pembangunan RSUDP NTB

2. Jadi nilai tambah warga NTB

Jajal Sirkuit Mandalika, Khofifah: Saya Memang Hobi BalapGubernur Provinsi Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa coba lintasan sirkuit Mandalika/dok. humas Pemprov NTB

Lebih lanjut, Khofifah memuji setinggi langit sirkuit yang bertaraf internasional ini. Menurutnya, Sirkuit Mandalika akan menjadi nilai tambah tersendiri bagi warga NTB.

Meskipun warga Jatim, Khofifah pun mengaku ikut bangga sirkuit ini akan menggelar balapan bertaraf internasional, dari World Superbike (WSBK), MotoGP hingga Formula 1. 

“Kita harus bangga,” tukasnya.

Dalam kesempatan itu, ia mengucapkan terima kasih kepada PT Indonesia Tourism Development Corporation dan Mandalika Grand Prix Associotion  yang mengizinkan Mario berlatih di Mandalika. 

"Saya terus membangun komunikasi dan saya mengucapkan terima kasih atas tim di Mandalika yang telah memberikan izin kepada Mario untuk melakukan latihan selama tiga hari menjajal sirkuit," katanya.

3. Khofifah kenang dirinya suka balapan saat muda

Jajal Sirkuit Mandalika, Khofifah: Saya Memang Hobi BalapKhofifah jajar Sirkuit Mandalika bersama pembalap Moto3 asal Jatim/dok. Pemprov NTB

Pada saat itu, Khofifah memang menjajal  17 tikungan dengan panjang lintasan mencapai 4,3 kilometer. Sirkuit internasinal yang masuk dalam kalender Dorna Sport. 

Khofifah juga meminta doa dan dukungan kepada Mario Suryo Aji. Pembalap nasional ini masuk pada 21 seri balapan Moto3 2022. 

“Saya mendoakan agar Mario dapat memperoleh hasil memuaskan di seri balapan tahun ini,” pungkasnya.

Baca Juga: 100 Ribu Penonton MotoGP Akan ke NTB, Apakah Transportasi Sudah Cukup?

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya