10.000 Penumpang Diprediksi Datang dalam Sehari Jelang MotoGP

Layanan penumpang di Bandara Lombok ramai jelang MotoGP

Lombok Tengah, IDN Times – Suasana menjelang event balap MotoGP kian terasa di Pulau Lombok. Bukan hanya itu, sejumlah penumpang mulai berdatangan melalui jalur udara di Bandara Internasional Lombok.

Humas PT Angkasa Pura I Arif Haryanto mengatakan ada lonjakan penumpang jelang event MotoGP yang akan digelar tanggal 18-20 Maret 2022 mendatang. Apalagi saat ini pelaku perjalanan tidak diwajibkan swab PCR jika sudah melakukan dua kali vaksinasi atau vaksinasi booster.

1. Terus meningkat

10.000 Penumpang Diprediksi Datang dalam Sehari Jelang MotoGPHumas PT Angkasa Pura I Arif Haryanto IDN Times/Ahmad Viqi

Menurut Arif, setelah semua logistik rider dan kru MotoGP telah tiba pada pekan kedua bulan Maret 2022 lalu layanan di Bandar Internasional Lombok alami peningkatan.

Selain itu ada total 578 pembalap dan kru balap dari 5 penerbangan juga telah tiba di Lombok mulai dari hari Minggu (13/3/2022) kemarin hingga Selasa (15/3/2022) dini hari tadi.

"Tinggal 4 penerbangan sisa dari kru dan rider akan datang dari Jakarta menuju Lombok. Jadi ada lonjakan penumpang yang berkunjung ke pulau Lombok melalui jalur udara,” kata Arif.

Selain ada lonjakan jumlah penumpang, layanan pesawat di Bandara Internasional Lombok juga mengalami peningkatan tiga hari menjelang event MotoGP. "Naik sekitar 20 persen," akunya. 

Baca Juga: 55 Kru Beserta Pembalap Moto3 dan Moto2 Tiba di Lombok 

2. Jumlah penumpang naik 20 persen

10.000 Penumpang Diprediksi Datang dalam Sehari Jelang MotoGPKru dan rider MotoGP tiba di Bandara Internasional Lombok IDN Times/Ahmad Viqi

Menurut Arif, sejak sepekan jelang event MotoGP tanggal 18 Maret 2022 nanti, tercatat lebih dari 20 persen lonjakan tamu berdatangan melewati Bandara Internasional Lombok. Untuk pesawat yang tiba di Bandara Lombok juga mengalami hal serupa.

“Ada peningkatan sekitar 20 persen. Seminggu yang lalu, untuk penumpang dari tanggal 8 mencapai 4.000 sehari. Sekarang sehari tembus 5.000 penumpang jelang MotoGP 2022,” kata Arif.

3. Diprediksi tembus 10.000 penumpang dalam sehari

10.000 Penumpang Diprediksi Datang dalam Sehari Jelang MotoGPPihak Bandara sambut kedatangan kru dan rider MotoGP di Bandara Internasional Lombok IDN Times/Ahmad Viqi

Lonjakan penumpang menuju  Bandara Internasional Lombok diprediksi bakal terus mengalami peningkatan.

Puncaknya, kata Arif, Bandara Internasional Lombok akan melayani penerbangan cukup signifikan sehari jelang rece pamungkas MotoGP tanggal 20 Maret 2022 di Sirkuit Mandalika.

“Kita tidak tahu apakah ini karena MotoGP atau karena tidak diwajibkan lagi RT PCR,” ujarnya.

Dia pun mengaku, lonjakan penumpang sehari jelang event MotoGP diprediksi tembus 10.000 penumpang. “Puncaknya pada hari Sabtu (19/3/2022). Untuk puncak kepulangannya hari Senin sehari setelah event,” katanya.

Saat ini, PT Angkasa Pura I telah menyiapkan layanan bandara untuk menjamu seluruh tamu MotoGP yang akan berkunjung ke Mandalika.

“Kita sudah siap, karena waktu sebelum pandemik itu 10.000 penumpang per hari. Yang jelas pelayanan maksimal, kita akan tangani,” pungkas Arif.

Baca Juga: Fabio Quartararo Beli Gelang yang Dijual Anak Mandalika

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya