Bupati Manggarai Barat Pastikan Wisatawan Gak Terlantar di Bandara

Pemda siapkan bus dan mobil untuk menjemput

Labuan Bajo, IDN Times - Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi memastikan wisatawan yang berkunjung ke Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) tidak terlantar karena ketiadaan transportasi. Wisatawan tak perlu khawatir akan pelayanan di Manggarai Barat.

"Kami pastikan seluruh pelayanan berjalan dengan prima. Begitu ada kesulitan transportasi di bandara, pemda mengambil alih menyiapkan kendaraan dinas dan bus, prinsipnya tidak boleh ada tamu yang terlantar karena ketiadaan transportasi," katanya di Labuan Bajo seperti dilansir dari Antara pada Selasa (2/8/2022).

Hal itu disampaikan merespons aksi penghentian layanan jasa wisata oleh pelaku pariwisata. Termasuk penjemputan tamu oleh agen perjalanan wisata sejak Senin pagi di Bandara Komodo.

1. Tak ada tamu terlantar

Bupati Manggarai Barat Pastikan Wisatawan Gak Terlantar di BandaraIlustrasi destinasi pariwisata Indonesia, Labuan Bajo (Dok. Kemenparekraf)

Dalam laporan dari berbagai pihak yang didapatkan, ia menyebut tidak ada tamu yang terlantar karena sudah dilayani dengan baik meski menggunakan mobil pelat merah.

Ia menegaskan bahwa pemerintah tidak akan berhenti meyakinkan pelaku pariwisata agar sesegera mungkin kembali beraktivitas dan melayani wisatawan yang datang ke Labuan Bajo.

"Kita berupaya menjadi tuan rumah yang baik, yang membuat orang betah dan berkali-kali datang ke Labuan Bajo untuk menikmati seluruh pesonanya," ungkap dia.

Baca Juga: Ribuan Wisatawan Membatalkan Kunjungannya ke Labuan Bajo

2. Siapkan bus dan mobil

Bupati Manggarai Barat Pastikan Wisatawan Gak Terlantar di BandaraKomodo di Pulau Komodo. (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat telah menyiapkan bus dan mobil bagi wisatawan yang berkunjung ke Labuan Bajo karena ketiadaan angkutan milik agen perjalanan wisata.

Sejak pukul 10.00 hingga 16.00 Wita, mobil yang disiapkan pemerintah daerah telah lalu-lalang mengantar para wisatawan yang tidak mendapatkan tumpangan.

Para petugas Bandara Komodo bersama TNI dan Polri sigap membantu wisatawan yang kebingungan karena kondisi itu.

3. Dampak aksi pelaku wisata

Bupati Manggarai Barat Pastikan Wisatawan Gak Terlantar di BandaraKomodo di Taman Nasional Komodo. (dok. Kemenparekraf)

Wisatawan, baik dalam dan luar negeri juga terlihat mengantre untuk masuk ke dalam mobil. Sehingga senuanya terlayani dengan baik.

"Kami harus di sini antar jemput ke hotel. Ada dua bus dan enam mobil," kata seorang pegawai Pemkab Manggarai Barat Benediktus Suhardi saat membantu wisatawan di Bandara Komodo.

Ketiadaan agen perjalanan wisata yang biasanya menjemput wisatawan merupakan dampak dari aksi penghentian layanan pariwisata karena kebijakan kenaikan tiket masuk ke Pulau Komodo, Pulau Padar, dan perairan di sekitarnya sebesar Rp3,75 juta per orang per tahun.

Aksi yang dilakukan oleh Asosiasi Pelaku Wisata dan Individu pelaku wisata Labuan Bajo itu direncanakan berlangsung 1-31 Agustus 2022.

Baca Juga: Polres Manggarai Barat Tetapkan Labuan Bajo Siaga Dua

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya