TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Dilaporkan ke Dorna Sports, Pembangunan The Mandalika Capai 58 Persen

4,31 km lintasan mulai diaspal

Foto udara bentuk salah satu tikungan lintasan sirkuit saat pengerjaan lapisan atas badan jalan Mandalika MotoGP Street Circuit, di The Mandalika, Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Minggu (20/12/2020). (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)

Praya, IDN Times - PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) terus melakukan pengembangan Jalan Khusus Kawasan (JKK) Sirkuit MotoGP Mandalika Lombok.

Hingga, Senin 22 Februari 2021, percepatan pembangunan proyek JKK secara keseluruhan diklaim telah mencapai 58 persen.

1. Sepanjang 4,31 kilometer aspal venue Sirkuit MotoGP Mandalika mulai diaspal

Proses Pengaspalan Sirkuit MotoGP Mandalika Lombok/Humas. ITDC

Jalan Kawasan Khusus (JKK) dengan panjang lintasan 4,31 km mulai dilakukan pengaspalan sejak, Sabtu (20/2/2021) lalu. JKK sepanjang 4,31 KM ini merupakan salah salah satu lintasan venue pagelaran balap MotoGP Mandalika.

Managing Director The Mandalika Bram Subiandoro menyampaikan, selain melakukan pengaspalan di JKK Sikuit MotoGP Mandalika.

Kegiatan ground work atau pemasangan pagar beton keliling JKK, dan timbunan tanah serta pekerjaan ground improvement telah dirampungkan pada akhir bulan Januari 2021. 

"Sementara kegiatan pembangunan saat ini antara lain persiapan Aspal AC-Base Track, pemasangan saluran Hauraton, pekerjaan Gravel Bed, Backfill Retaining Wall, penanaman rumput, dan pengaspalan service road sepanjang 1,8 km," kata Bram dalam keterangan persnya, Minggu (21/2/2021).

2. Pengaspalan venue Sirkuit MotoGP dilakukan secara ekstra hati-hati

Proses Pengaspalan Sirkuit MotoGP Mandalika dilakukan secara hati-hati/Dok. Humas ITDC

Pun kata Bram, pada proses pengaspalan untuk service road dilaksanakan dengan hati-hati dan presisi.

Karena harus memiliki permukaan yang halus dan terjaga dari kerusakan. 

Service road merupakan jalan layanan yang berada di belakang garis pertama perlindungan sebagai pelayanan darurat yang difungsikan untuk mengakomodir sejumlah kendaraan yang mengalami kecelakaan beserta para pembalap saat keluar dari lintasan. 

Selain itu, saat ini juga tengah dilakukan pemasangan concrete barrier, yakni pagar beton pembatas di sepanjang lintasan untuk menjaga motor dan melindungi penonton jika terjadi kecelakaan. 

"Adapun total volume dari pagar pembatas ini adalah 9.903 m3 dan ditargetkan selesai pada akhir bulan Juni 2021," kata Bram.

3. Concrete barrier bermerk Geobrugg didatangkan dari tiga negara

Sirkuit MotoGP Mandalika/Dok. Humas ITDC

Concrete barrier atau pagar pembatas lintasan Sirkuit Mandalika Lombok didatangkan dari tiga negara.

Yakni kata Bram, didatangkan dari Swiss, Jerman, dan Vietnam. 

"Bahannya dari tiga negara itu, tapi, produksi dan pemasangannya diproses di Indonesia menggunakan beton lokal dengan ketentuan spesifikasi yang terstandarisasi oleh Federasi Otomotif Internasional yakni Federation Internationale de l'Automobile (FIA) dan Federation Internationale de Motorcyclisme (FIM)," katanya.

Berita Terkini Lainnya