Resmi! MotoGP di Sirkuit Mandalika Digelar 18-20 Maret 2022

Pada November 2021 digelar World Superbike (WSBK) 

Lombok Tengah, IDN Times - Dorna Sport resmi mengumumkan pelaksanaan MotoGP seri Indonesia yang akan dilaksanakan di Pertamina Mandalika Internasional Street Circuit Lombok, NTB, pada 2022 mendatang.

Direktur Strategi dan Komunikasi Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Happy Harinto mengaku gembira dengan pengumuman resmi Dorna, terkait pelaksanaan MotoGP di Indonesia.

Pada jadwal yang telah ditetapkan Dorna, kata Happy, pelaksanaan event balapan MotoGP di Mandalika akan jatuh pada tanggal 18 hingga 20 Maret 2022.

"Ini akan mendongkrak sektor pariwisata di Indonesia, khususnya di Lombok," kata Happy, Kamis (7/10/2021).

Baca Juga: Gubernur NTB Siapkan Tiket Gratis MotoGP Mandalika untuk Siswa SMA-SMK

1. MotoGP di Sirkuit Mandalika jadi titik balik kebangkitan sektor pariwisata Indonesia

Resmi! MotoGP di Sirkuit Mandalika Digelar 18-20 Maret 2022Jadwal event MotoGP di Mandalika/dok. Dorna Sport

Pelaksanaan MotoGP di Sirkuit Mandalika, kata Happy, memiliki keunikan dan karakter tersendiri, dan ini bisa menjadi titik balik kebangkitan sektor pariwisata Indonesia.

Posisi sirkuit yang dikelilingi bukit dan laut di kawasan Mandalika, akan menampilkan keindahan yang mempesona. 

"Kita sedang persiapkan sirkuit dan masih dalam tahap pembangunan. Alhamdulillah telah mencapai 100 persen," kata Happy. 

MGPA pun, kata Happy, terus berbenah, khususnya untuk persiapan pelaksanaan Asia Talent Cup (ATC) yang jatuh pada tanggal 12 hingga 14 November 2021.

Selain itu, World Superbike (WSBK) Seri Indonesia akan dilaksanakan pada 19 hingga 21 November 2021 mendatang. 

2. Penyelesaian fasilitas penunjang Sirkuit Mandalika dikebut

Resmi! MotoGP di Sirkuit Mandalika Digelar 18-20 Maret 2022Sejumlah pekerja melakukan tes kedalaman tekstur aspal lintasan Mandalika International Street Circuit di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Pujut, Praya, Lombok Tengah, NTB, Minggu (15/8/2021). (ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi)

Saat ini fasilitas penunjang tengah dikebut penyelesaiannya. Untuk instalasi pit building, menggunakan teknologi modular dan sedang masuk masa persiapan instalasi.

Persiapan lainya adalah Instalasi teknologi race electronic dan pengecatan trek sirkuit, sedang dalam persiapan pelaksanaan. 

"Saat ini peralatan pengecatan sedang dalam proses pengiriman," kata Happy. "Sebentar lagi material cat sudah tiba di Mandalika. Sekarang sudah tiba di Jakarta."

Untuk pemasangan instalasi dan pengecatan akan dilakukan sekitar 52 kru yang merupakan tenaga ahli dari berbagai negara, yang memiliki pengalaman di seluruh sirkuit dunia. 

"Kami akan terus berbenah diri sejak tahun pertama hingga sepuluh tahun ke depan, sehingga Sirkuit MotoGP menjadi sirkuit yang menghadirkan balapan kelas dunia yang membanggakan," ujar Happy. 

3. Dorna Sport berterima kasih atas dukungan Pemerintah Indonesia

Resmi! MotoGP di Sirkuit Mandalika Digelar 18-20 Maret 2022Perwakilan Dorna Sports Carlos Ezpeleta mengecek lintasan Sirkuit Mandalika untuk persiapan MotoGP, Nusa Tenggara Barat (NTB) Rabu (7/4/2021) IDN Times/Ahmad Viqi

Sementara Managing Director Dorna Sport, Carlos Ezpeleta, mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Indonesia dan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) atas upaya mereka mewujudkan event ini.

"Dukungan dari pemerintah yang berkelanjutan sangat diperlukan untuk kehadiran event MotoGP Indonesia 2022. Akhirnya kami bisa balapan lagi di Indonesia pada Maret tahun depan," kata Carlos.

Baca Juga: Sirkuit Mandalika Angkat Gengsi Indonesia di Mata Dunia

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya