Asia Dapat Slot Tambahan, Indonesia Berpeluang Masuk Piala Dunia 2026

Berpeluang besar karena berada di grup ringan

Putaran final Piala Dunia 2026 akan digelar di Kanada, Amerika Serikat, dan Meksiko pada 11 Juni 2026. Berbeda dengan turnamen Piala Dunia sebelumnya yang hanya diikuti 32 tim, kini peserta turnamen bergengsi dunia tersebut bertambah 16 tim menjadi 48 tim dari semua konfederasi.

Karena adanya penambahan slot tersebut, maka seluruh konfederasi juga secara otomatis mendapatkan tambahan jatah slot, termasuk konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) yang mendapatkan tambahan 2 ⅓ jatah menjadi 8 ⅓ slot untuk lolos ke putaran final Piala Dunia 2026. Adapun rinciannya adalah 8 slot langsung dan 1 slot play-off antarkonfederasi.

Adanya tambahan slot untuk Asia memberikan kesempatan emas bagi tim-tim dari Asia, termasuk Indonesia untuk berlaga di panggung sepak bola dunia. 

Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia akan dimulai pada pertengahan Oktober 2023 hingga Oktober 2025. Proses kualifikasi terdiri dari lima babak. Dua babak pertama juga dijadikan kualifikasi untuk Piala Asia 2027. Sebanyak 46 tim dari Asia akan memperebutkan 8 slot 1 play-off untuk bisa tampil di Piala Dunia 2026. 

Untuk bisa lolos ku putaran final Piala Dunia, Timnas Indonesia akan melalui lima ronde karena memiliki peringkat yang cukup buncit di Konfederasi Asia. Berikut ini ulasan peluang Timnas Indonesia lolos menuju Piala Dunia.

1. Ronde 1 Timnas Indonesia bertemu Brunei Darussalam

Asia Dapat  Slot Tambahan, Indonesia Berpeluang Masuk Piala Dunia 2026Twitter/ AFC

Hasil undian drawing yang dilakukan AFC, Timnas Indonesia pada Ronde 1 berhadapan dengan Timnas Brunei Darussalam dengan pertemuan sebanyak 2 leg. Melihat lawan ini, maka Timnas Indonesia akan cukup mudah untuk melewati ronde pertama. 

Head to head pertemuan Timnas Indonesia dengan Timnas Brunei di dua laga akhir yaitu, pada 26 September 2012 dalam laga persahabatan. Brunei Darussalam dibantai Timnas Indonesia lima gol tanpa balas, dan pada laga Piala AFF 26 Desember 2022,  Brunei Darussalam juga dibantai Timnas Indonesia 7 gol tanpa balas.

2. Ronde 2 masuk di Grup F

Asia Dapat  Slot Tambahan, Indonesia Berpeluang Masuk Piala Dunia 2026Twitter/ AFC

Apabila Indonesia menang melawan Brunei, maka Timnas Indonesia secara otomatis akan masuk ke putaran kedua yaitu bergabung dengan Group F yang  diisi Irak, Vietnam, dan Filipina. Melihat negara negara yang menghuni grup ini, Timnas Indonesia memiliki peluang cukup besar untuk bisa lolos ke ronde ketiga, karena secara head to head Indonesia sudah pernah mengalahkan Timnas negara-negara tersebut.

Dengan Timnas Filipina, Indonesia pernah membantai negara tersebut 13-1 dalam laga AFF 2002, sementara di pertemuan terakhir yaitu 2016 dan 2018, Indonesia selalu ditahan imbang. 

Dengan Vietnam, Timnas Indonesia telah bertemu sebanyak 14 kali di semua ajang, dalam pertemuan ini, Indonesia menang 5 kali, imbang dua kali dan kalah 7 kali. 

Sementara untuk Timnas Irak, Timnas Indonesia telah bertemu sebanyak 6 kali di semua ajang, dengan rekor pertemuan Indonesia menang 1 kali, Imbang 2 kali dan 3 kali kalah. 

Kondisi kekuatan Timnas Indonesia berbeda pada saat ini, Indonesia yang dilatih oleh Shin Tae Yong banyak diperkuat oleh pemain naturalisasi yang memiliki kualitas cukup baik. Jika melihat hasil persahabatan dengan Argentina yang hanya kebobolan 2 - 0 maka Timnas Indonesia optimistis bisa lolos dari ronde ke dua ini.

Baca Juga: 11 Nasihat Cak Nun yang Penuh Makna dan Menentramkan Hati

3. Berpeluang lolos di ronde ke-4

Asia Dapat  Slot Tambahan, Indonesia Berpeluang Masuk Piala Dunia 2026Twitter / PSSI

Dari 18 tim yang lolos dari fase grup pada Ronde 2, jika Indonesia menjadi juara grup atau berada di posisi kedua, maka secara otomatis akan masuk ke ronde ketiga.

Ronde 3 terdiri dari 3 grup dengan 6 tim dalam setiap grup. Menggunakan sistem home-away, 6 tim yang berada di posisi pertama dan kedua dari masing-masing grup akan langsung lolos ke Piala Dunia 2026. Di ronde ini Timnas Indonesia akan sangat berat untuk lolos, karena kemungkinan besar posisi 1 dan 2 akan diisi oleh Timnas negara negara langganan piala dunia, seperti Jepang, Korea, Iran dan Arab Saudi.

Timnas Indonesia akan memiliki peluang untuk lolos pada ronde ke-4, karena Tim yang berada pada posisi ketiga dan keempat dalam babak grup Ronde 3 akan melanjutkan ke Ronde 4. Ronde 4 terdiri dari 2 grup dengan masing-masing grup berisi 3 tim. Tim yang berada pada posisi pertama dalam masing-masing grup akan lolos ke Piala Dunia 2026.

Pada ronde 4 ini Timnas Indonesia memiliki peluang karena akan menghadapi negara negara yang secara kekuatan cukup berimbang.

4. Sulit lolos melalui Play-off

Asia Dapat  Slot Tambahan, Indonesia Berpeluang Masuk Piala Dunia 2026Twitter/ PSSI

Setelah  melalui ronde runner up babak grup Ronde 4 akan melakoni 2 leg pertandingan. Pemenangnya akan maju ke play-off antarkonfederasi demi tiket lolos ke Piala Dunia 2026. Tetapi di ronde ini, Indonesia memiliki peluang yang cukup kecil, karena akan bersaing dengan Timnas dari konfederasi seperti Eropa dan Amerika.

Untuk itu, jika ingin belaga pada putaran final piala dunia, Indonesia harus berjuang pada ronde ke-4, karena memiliki peluang yang lebih besar di ronde tersebut. Lawan pada ronde tersebut relatif lebih mudah karena masih melawan Timnas dari negara-negara Asia.

Baca Juga: Ketimpangan Gender di NTB, Hanya 1,59 Persen Perempuan Duduk di DPRD

Ruhaili Photo Community Writer Ruhaili

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya