TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Temuan Bangkai Kapal di Lombok Diduga dari Luar Negeri 

Surati Balai Pelestarian Cagar Budaya

Bangkai kapal diduga berusia ratusan tahun yang ditemukan warga di lokasi penambangan pasir besi di Dusun Dedalpak Desa Pohgading Lombok Timur pada Jumat (15/7/2022). (Dok. Istimewa)

Mataram, IDN Times - Temuan bangkai kapal di Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB) diduga kapal dari luar negeri. Bangkai kapal tersebut ditemukan di lokasi penambangan pasir besi di Dusun Dedalpak Desa Pohgading Lombok Timur pada Jumat (15/7/2022).

Sebelumnya, warga Desa Pohgading Timur Kecamatan Pringgabaya Kabupaten Lombok Timur dihebohkan dengan penemuan bangkai kapal yang diduga peninggalan abad ke-18 atau 19. Komunitas Penyelam (Kapela) NTB telah melakukan penyelaman di lokasi penemuan bangkai kapal tersebut.

Baca Juga: Heboh,Warga Lombok Temukan Bangkai Kapal Diduga Berusia Ratusan Tahun 

1. Bangkai kapal terbuat dari kayu pinus

Ilustrasi Kapal (IDN Times/Sukma Shakti)

Sekertaris Lombok Heritage and Science Society (LHSS) Gegen mengatakan para penyelam dari Kapela NTB menemukan bahwa lebar kapal sekitar 7 meter. Kemudian kapal tersebut terbuat dari kayu pinus.

"Bahan kayunya dari pinus. Kuat dugaan itu bahan pembuatan kapal dari luar negeri. Cuma kita harus menunggu hasil dari arkeologi," kata Gegen dikonfirmasi IDN Times, Rabu (20/7/2022).

2. Diduga kapal barang

Sekertaris Lombok Heritage and Science Society, Gegen. (Dok. Istimewa)

Dengan lebar sekitar 7 meter, kata Gegen, maka kapal tersebut merupakan kapal lambung besar. Dengan lebar sekitar 7 meter, maka panjang kapal bisa mencapai 15 meter lebih. Biasanya kapal jenis ini merupakan pengangkut barang.

"Kalau kita pingin tahu kapal ini jenisnya apa. Kita harus menunggu dari Badan Arkeologi. Kalau jenis kapalnya sudah diketahui baru bisa diketahui tahun berapa kapal ini ada," terangnya.

Baca Juga: 7 Saksi Telah Diperiksa Terkait Dugaan Eksploitasi Joki Cilik di NTB 

Berita Terkini Lainnya