TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

NTB Tidak Larang Turis Asing Sewa dan Kendarai Sepeda Motor 

Sepeda motor knalpot bising diminta ditertibkan

Turis asing menggunakan sepeda motor di Pantai Kuta Mandalika, Lombok Tengah. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Mataram, IDN Times - Berbeda dengan Bali, Pemprov NTB tidak melarang turis asing menyewa dan mengendarai sepeda motor. Wisatawan asing diperbolehkan menyewa dan mengendarai sepeda motor selama berlibur di Lombok dan Sumbawa.

"Kalau kita di NTB masih belum menerapkan itu. Kita di NTB yang penting masuk dulu wisatawannya. Namun tidak menutup kemungkinan ke depannya tapi sekarang masih belum," kata Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB Jamaluddin Maladi dikonfirmasi di Mataram, Senin (13/3/2023).

Baca Juga: Pemprov NTB Ditagih oleh Kontraktor Soal Utang Rp300 Miliar

1. Kemungkinan dapat diterapkan kedepannya

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB Jamaluddin Maladi. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Jamaluddin mengatakan wisatawan yang berkunjung ke NTB tidak sepadat seperti di Bali. Sehingga, wisatawan yang berkunjung ke NTB boleh memilih menyewa sepeda motor atau travel saat mengunjungi destinasi-destinasi wisata yang ada di Lombok maupun Sumbawa.

Kedepannya, tidak menutup kemungkinan NTB juga akan menerapkan kebijakan seperti yang diambil Pemprov Bali. "Nanti kita belajar ke Bali apa pertimbangannya seperti itu," ujar Jamaluddin.

2. NTB berharap limpahan wisatawan dari Bali ke Lombok

Wisatawan mancanegara berlibur di Gili Trawangan Lombok Utara. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Jamaluddin menambahkan saat ini NTB berharap limpahan kunjungan wisatawan dari Bali ke Lombok. Wisatawan baik domestik dan mancanegara banyak yang berkunjung ke kawasan tiga Gili Trawangan, Meno dan Air (Tramena) menggunakan kapal cepat atau fastboat.

NTB menargetkan 10 persen wisatawan yang berkunjung ke Bali melanjutkan liburannya ke NTB. Salah satu upaya yang dilakukan supaya harga tiket penerbangan dari Bali ke Lombok supaya lebih murah lagi. Saat ini, harga tiket pesawat rute Bali - Lombok dinilai masih cukup mahal dibandingkan rute Jakarta - Lombok.

Baca Juga: Gubernur NTB Kirim Surat ke Erick Thohir Soal Sengketa Lahan Mandalika

Berita Terkini Lainnya