TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Lumpur dan Pasir di Lintasan Sirkuit Warnai Pramusim MotoGP Mandalika

MGPA angkat suara soal Lumpur di lintasan Sirkuit Mandalika

Lintasan Sirkuit Mandalika yang tampak kotor (IG Gareth Harford)

Lombok Tengah, IDN Times - Tes pramusim MotoGP 2022 hari pertama rampung dilahap para pembalap di Sirkuit Mandalika, Jumat (11/2/2022) kemarin. Pada tes perdana itu, para pembalap menikmati lintasan tanpa kendala dan mengeluarkan settingan terbaik untuk menghadapi seri berikutnya.

Namun tes pramusim MotoGP 2022 hari pertama diwarnai insiden lumpur dan di lintasan Sirkuit Mandalika. Pihak Mandalika Grand Prix Association (MGPA) mengaku sedang mencari permasalahannya.

Baca Juga: Viral! Penagih Utang di Lombok Utara Aniaya Nasabahnya

1. Para pembalap puas kondisi sirkuit

Pembalap Tim Ducati keluar dari paddock menuju lintasan Sirkuit Mandalika pada tes pramusim hari pertama, Jumat (11/2/2022) (IDN Times/Muhammad Nasir)

Direktur Utama MGPA, Priandhi Satria, Sabtu (12/2/2022) di Mandalika mengatakan meskipun ada insiden lumpur tetapi secara umum evaluasi belum dilakukan. Mengingat pihaknya belum bertemu dengan Dorna selaku pemegang hak komersial MotoGP untuk laporan menyeluruh tim terkait lintasan dan hal pendukung lainnya. Namun para pembalap mengaku sangat puas terhadap kondisi sirkuit.

“Yang saya lihat hari ini semua pembalap keluar masuk lintasan. Masuk kemudian ganti setting mesin dan keluar lagi. Artinya masing-masing pembalap menikmati lintasan dan mencoba settingan terbaik untuk menghadapi seri-seri balap berikutnya,” terang Priandhi.

2. Insiden lumpur di Sirkuit Mandalika

Francesco Bagnaia (motogp.com)

Terkait insiden adanya lumpur di sirkuit, Priandhi mengaku masih mencari permasalahannya. Namun diakui sebelum balapan, memang ada petugas marshal menggunakan bus dari tengah lintasan.

“Mungkin dari salah satu bus ada yang membawa lumpur dan terlepas,”jelasnya.

Mengantisipasi tidak terulangnya permasalahan tersebut, pada hari kedua tes pramusim, pengaturan kendaraan marshal akan dilakukan di sisi luar lintasan. Untuk itu, MGPA menyiapkan dua kendaraan.

“Mulai besok Dorna meminta bagi marshal dari lintasan luar dan dalam, masing-masing sendiri,”terangnya.

Selain lumpur, Priandhi mengaku serpihan ban dari pembalap juga menjadi hal yang dibenahi di lintasan. Namun begitu, mobil lintasan telah membersihkan areal-areal khusus yang dirasa perlu dibersihkan.

“Rencana kita setelah selesai tes baru kita bersihkan seluruh track satu lintasan. Kemudian kita tutup track, tidak akan kita pakai sampai MotoGP,”ungkapnya.

Berita Terkini Lainnya