TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Jelang WSBK Mandalika, NTB Mulai Siapkan Akomodasi Perhotelan  

Lakukan konsolidasi awal dengan pengusaha perhotelan

potret Toprak Razgatlıoğlu di Mandalika Lombok (instagram.com/toprak_tr54)

Mataram, IDN Times - Empat bulan menjelang perhelatan World Superbike (WSBK) Mandalika pada November mendatang, Pemprov NTB mulai mempersiapkan akomodasi perhotelan. Berkaca dari perhelatan MotoGP Mandalika pada Maret lalu, tarif kamar hotel di Pulau Lombok melambung tinggi.

Melambungnya harga tarif kamar hotel terutama di kawasan Mandalika, Lombok Tengah, Kota Mataram dan Senggigi sempat menjadi atensi Pemerintah Pusat. Sehingga, Gubernur NTB Zulkieflimansyah mengeluarkan Pergub No. No. 9 Tahun 2022 tentang Penyelenggaraan Usaha Jasa Akomodasi.

Baca Juga: Fenomena 'Citayam Fashion Week', Pemkot Mataram Siapkan Kreatif Hub 

1. Lakukan konsolidasi awal dengan pelaku usaha perhotelan

Kepala Dispar NTB Yusron Hadi (IDN Times/Muhammad Nasir)

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB Yusron Hadi mengatakan pada Jumat (29/7/2022) telah dilakukan konsolidasi awal dengan para pengusaha perhotelan. Karena dalam waktu dekat event balap internasional WSBK Mandalika akan digelar pada November mendatang.

"Konsolidasi awal penyiapan akomodasi untuk event-event ke depan," kata Yusron dikonfirmasi IDN Times di Mataram, Sabtu (30/7/2022).

2. Tiket belum dijual

Hotel Pullman Mandalika. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Apakah konsolidasi awal itu artinya tiket WSBK akan segera dijual? Yusron mengatakan tiket WSBK Mandalika belum dijual. Pertemuan yang dilakukan untuk penyiapan akomodasi bagi penonton WSBK Mandalika pada November mendatang.

Berdasarkan Pergub No. 9 Tahun 2022, tarif batas atas harga kamar hotel disesuaikan dengan zonasinya. Untuk hotel dan penginapan yang berada di zona berlangsungnya event, kenaikan tarif harga kamar hotel maksimal tiga kali lipat.

Kemudian zona di luar berlangsungnya event, kenaikan tarif kamar hotel maksimal dua kali lipat. Sedangkan hotel dan penginapan yang berada di zona terjauh dari event, kenaikan tarif kamar maksimal satu kali lipat.

Kenaikan tarif kamar hotel dan penginapan tersebut harus dibarengi dengan peningkatan kualitas pelayanan. Kemudian pengembangan atraksi dan paket berwisata yang ditawarkan oleh penginapan-penginapan yang ada di NTB.

Pengaturan ini dilakukan untuk menciptakan suasana yang baik dalam setiap event internasional. Serta kepastian kepada masyarakat terkait harga penginapan dan juga membuka kesempatan yang lebih luas kepada masyarakat menonton event internasional di NTB.

Baca Juga: Lelang Merchandise Pembalap MotoGP Digelar Jelang WSBK Mandalika 

Berita Terkini Lainnya