TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Gempa Magnitudo 4,9 Guncang Lombok Akibat Aktivitas Sesar Lokal 

Belum ada laporan dampak kerusakan akibat gempa

Ilustrasi Gempa (IDN Times/Arief Rahmat)

Mataram, IDN Times - Gempa bumi tektonik magnitudo 4,9 mengguncang wilayah Karangasem Bali dan Lombok pada Sabtu, 18 Februari 2023 pukul 08.03.49 WITA. Kepala BMKG Stasiun Geofisika Mataram, Ardhianto Septiadhi menjelaskan dari hasil analisa BMKG, gempa ini berkekuatan 4,9.

Episenter terletak pada koordinat 8,15° LS; 115,89° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 37 km barat laut Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada kedalaman 10 kilometer (km). Hingga Sabtu, 18 Februari 2023 pukul 08.14 WITA, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

Baca Juga: [BREAKING] Gempa Magnitudo 4,9 Guncang Lombok

1. Gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal

Ilustrasi gempa (IDN Times/Arief Rahmat)

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, kata Ardhianto, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas sesar lokal. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan mendatar (Strike-Slip Fault).

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan tsunami dengan sumber gempa bumi tektonik menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," ucapnya.

2. Guncangan skala III MMI di Karangasem, Mataram, Lombok Tengah dan Lombok Utara

Kepala Stasiun Geofisika Mataram Ardhianto Septiadhi (Dok. Istimewa)

Ardhianto mengungkapkan dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan yang dirasakan di wilayah Karangasem, Mataram, Lombok Tengah, Lombok Utara dengan skala III MMI. Yaitu, getaran dirasakan nyata dalam rumah. Getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Kemudian di Lombok Timur, Denpasar, Badung, Tabanan guncangan dirasakan dengan skala II MMI. Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Baca Juga: Buruan Daftar! AIU Malaysia Tawarkan Kuliah Gratis Bagi Anak Muda NTB 

Berita Terkini Lainnya