[BREAKING] Gempa Magnitudo 4,9 Guncang Lombok

Gempa terasa hingga Mataram, Lombok Barat dan Lombok Tengah

Lombok Utara, IDN Times - Gempa bumi bermagnitudo 4,9 mengguncang Lombok Utara, Sabtu (18/2/2023) pukul 07:03:49 WIB. BMKG Stasiun Geofisika Mataram menjelaskan episenter gempa terletak pada koordinat 8.15 LS,115.89 BT.

Gempa tersebut tepatnya berlokasi 37 km barat laut Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada kedalaman 10 kilometer. Gempa bumi tersebut dirasakan sampai Kota Mataram, Lombok Barat dan Lombok Tengah.

Sebelumnya, pada Jumat I(17/2/2023) pukul 20.52.08 WITA, wilayah Lombok Tengah diguncang gempa bumi tektonik. Kepala BMKG Stasiun Geofisika Mataram Ardhianto Septiadhi menjelaskan hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi itu bermagnitudo 4,2. Episenter terletak pada koordinat 8,98° LS; 116,83° BT atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 25 km barat Sumbawa Barat, NTB pada kedalaman 128 km.

Dengan memerhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia di bawah lempeng Eurasia. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan turun (Normal Fault).

Masyarakat diiimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya. Masyarakat juga agar menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

Baca Juga: Tembok Rumah Warga di Lombok Tengah Roboh Akibat Gempa Bali-Lombok

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya