TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Catat Sejarah, WSBK Mandalika 2022 Jadi Balapan ke-900 di Dunia 

Puluhan ribu penonton, antisipasi kemacetan

Tampilan terbaru tikungan 10 Sirkuit Mandalika setelah dilakukan track improvement jelang WSBK 2022. (Dok. MGPA)

Lombok Tengah, IDN Times - Gelaran World Superbike (WSBK) 2022 di Sirkuit Mandalika akan menjadi catatan sejarah yang cukup penting dalam gelaran balap motor internasional. Pasalnya, race 1 WSBK Mandalika pada Sabtu (12/11/2022) merupakan balapan ke-900 di dunia sejak race pertama di Sirkuit Donington Park, Inggris, April 1988.

"Ini sebuah kebanggaan yang besar bagi kita semua bahwa Indonesia menjadi bagian dari sejarah balap motor internasional ini," kata Direktur Operasi ITDC Troy Reza Warokka, Kamis (10/11/2022).

Baca Juga: Kurang Sehat, Wapres Batal Nonton Balap WSBK Mandalika 

1. Siap gelar WSBK 2022

Balapan WSBK Mandalika 2021. (dok. MGPA)

Troy mengatakan pihaknya telah merampungkan persiapan penyelenggaraan event MOTUL FIM Superbike World Championship (WSBK) Indonesian Round 2022 yang berlangsung mulai 11-13 November 2022. Kesiapan ITDC Group menggelar WSBK meliputi sisi race, non race maupun side event pendukung.

"Dengan kolaborasi bersama pemangku kepentingan, seluruh tahapan persiapan yang harus dilakukan sudah berhasil kami selesaikan dan seluruh masukan serta catatan untuk kelancaran penyelenggaraan event telah terpenuhi,” imbuh Troy.

Dari sisi race, kegiatan track improvement telah dilakukan seluruhnya pada tanggal 25 Oktober 2022. Meliputi pelebaran runoff di 7 tikungan (T1, T10, T11, T12, T13, T16, and T17), perubahan kerb biasa menjadi kerb misano (T5 and T6), serta perbaikan atau peningkatan kualitas aspal track sepanjang 250 meter. Sementara dari sisi non-race yaitu traffic management dan crowd control juga telah dipersiapkan dengan lebih baik.

2. Antisipasi kemacetan

Kemacetan menuju Sirkuit Mandalika tepatnya di Jalan Bypass BIL - Mandalika, Maret 2022. (IDN Times/Istimewa)

Direktur Teknik dan Operasi MGPA Samsul Purba menjelaskan pengaturan traffic manajement sebagai bentuk antisipasi dan langkah strategis yang dilakukan untuk mengurai kemacetan saat event berlangsung. Dalam pengaturan mekanisme traffic manajement dan crowd control WSBK 2022, ITDC dan MGPA telah bekerja sama dan berkordinasi dengan Polda NTB dan Dinas Perhubungan Provinsi NTB.

Penonton WSBK 2022 akan datang dari lima pintu gerbang kedatangan yaitu 4 gerbang pelabuhan yaitu Pelabuhan Lembar, Gili Mas, Bangsal dan Kayangan, serta 1 gerbang Bandara Internasional Zainudin Abdul Majid (BIZAM). Titik pemisahan jalur dari 5 gerbang kedatangan penonton menuju Pertamina Mandalika Circuit yaitu roundabout BIZAM yang terbagi mejadi 2 jalur diantaranya jalur barat dan jalur timur.

Jalur barat dengan arah kedatangan dari BIZAM-Sengkol-Mandalika dan Selong Belanak-Mandalika menuju Enduro Entrance (Grandstand I, J & K, Vendor & UMKM) dan jalur timur dengan arah kedatangan dari BIZAM-Bypass BIL-Mandalika dan Awang-Mandalika menuju Pertamina Entrance (GS A & B, VIP Premiere, VIP Deluxe) serta menuju Pertamax Tubo Entrance (GS C dan H, Lombok Sumbawa Fair, B360, Vendor dan UMKM).

Baca Juga: Sehari Jelang WSBK Mandalika, Baru 30.510 Tiket yang Terjual 

Berita Terkini Lainnya