TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Polda NTB Patroli Cegah Aksi Konvoi saat Pengumuman Kelulusan SMA

Pengumuman kelulusan hari ini dilakukan secara daring

Kabid Humas Polda NTB Kombespol Artanto IDN Times/Ahmad Viqi

Mataram, IDN Times - Aparat kepolisian menggencarkan giat patroli untuk mencegah aksi konvoi kendaraan dalam perayaan kelulusan siswa SMA di wilayah Nusa Tenggara Barat. Pengumuman kelulusan rencananya akan dilakukan secara daring pada hari ini, Kamis
(5/5/2022).

"Pencegahan kami lakukan dengan menggencarkan patroli di jalan-jalan utama, objek wisata, sampai ke kampungkampung," kata Kepala Bidang Humas Polda NTB Komisaris Besar Polisi Artanto, seperti dikutip dari Antara, Kamis (55/5/2022).

Baca Juga: Bangga! Kini NTB Bisa Produksi Benih Jagung Hibrida 

1. Gak boleh konvoi

Ilustrasi konvoi. ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

Pihaknya juga dipastikan akan berkoordinasi dengan pihak sekolah yang mengumumkan kelulusan agar mengimbau siswa untuk tidak melakukan aksi konvoi di jalanan.

"Nantinya kami juga berikan saran pencegahan, salah satunya mungkin dengan membuat kegiatan khusus di internal sekolah," ujarnya.

Siswa-siswa yang sudah menerima pengumuman kelulusan diharapkan untuk dapat langsung kembali ke rumah masing-masing dan tidak berkerumun. Selain itu, pihaknya juga mengimbau agar konvoi dan aksi corat-coret tidak dilakukan.

2. Diharapkan peran orang tua

Ilustrasi corat-coret saat kelulusan (IDN Times/Hisyamudin Keleten Kelin)

Karena pengumumannya dilaksanakan secara daring, Artanto pun mengingatkan peran serta orang tua siswa agar memperhatikan aktivitas anak.

"Pencegahan juga harus mulai dari rumah, peran orang tua paling utama. Bagaimana cara kita bisa menjaga agar mereka terhindar dari hal-hal buruk," ucap dia.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Nusa Tenggara Barat telah mengeluarkan surat resmi bernomor 423.7/1223. UM/Dikbud, perihal Pengumuman Kelulusan Peserta Didik Kelas XII, tertanggal 28 April 2022.

Baca Juga: Polda NTB Terjunkan 1.600 Personel, saat Perayaan Lebaran Ketupat 

Berita Terkini Lainnya