TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Aspal Sirkuit Mandalika Tidak Mengalami Kerusakan Parah Usai MotoGP

MGPA pastikan trek baru dan lama tetap bagus

Direktur Teknik dan Operasi MGPA Samsul Purba bersama pihak FIA dan RMI cek lintasan Mandalika usai MotoGP IDN Times/Ahmad Viqi

Lombok Tengah, IDN Times - Mandalika Grand Prix Association (MGPA) memastikan lintasan sepanjang 4,31 kilometer Sirkuit Mandalika tidak mengalami kerusakan usai gelaran event MotoGP tanggal 18-20 Maret 2022. Sehingga dipastikan aman untuk digunakan lagi.

Usai diganyang sekitar 90 rider dari Idemitsu Asia Talent Cup, Moto2, Moto3 dan MotoGP, lintasan Sirkuit Mandalika masih dalam kondisi baik. Pengelola saat ini tengah bersiap untuk gelaran event selanjutnya.

Baca Juga: Pengusaha Tahu dan Tempe di Mataram Ditangkap Polisi Jualan Sabu

1. Tahap pemulihan lintasan

MGPA, RMI, dan FIA cek Lintasan Sirkuit Mandalika pasca event MotoGP 2022 IDN Times/Ahmad Viqi

Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association Priandhi Satria mengatakan kondisi sirkuit Mandalika tidak mengalami kerusakan parah pasca event MotoGP.

Hal itu dipastikan usai melakukan inspeksi bersama Fédération Internationale de l'Automobile (FIA), Kamis (24/3/2022) di Sirkuit Mandalika.

“Kita pastikan Sirkuit Mandalika tidak alami kerusakan walau banyak rider berjatuhan,” kata Priandhi.

2. Tingkat kerusakan normal

Pembalap Repsol Honda Team Marc Marquez memacu sepeda motornya saat sesi latihan bebas 1 MotoGP seri Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Jumat (18/3/2022). (ANTARA FOTO/Andika Wahyu)

Setelah dilakukan inspeksi FIA dengan berkeliling di lintasan sepanjang 4,31 kilometer dengan berjalanan kaki, bisa dipastikan beberapa lintasan memang ada yang terkelupas. Hal itu disebabkan karena beberapa rider tergelincir, termasuk rider dari pabrikan HRC Repsol Honda Marc Marquez.

FIA sendiri, kata Priandhi, belum memberikan penilaian kondisi Sirkuit Mandalika dalam rangka menuju homologasi jelang persiapan balapan roda empat dari ajang World GT Challenge hingga Formula 1.

“Pembicaraan kita sirkuit tidak ada masalah. Tingkat kerusakannya normal, cuma tergores di beberapa titik,” katanya.

Baca Juga: Offline Dibatasi, Sineas NTB Tetap Produktif di Masa Pandemik 

Berita Terkini Lainnya