Comscore Tracker

Pentingnya Konsultasi ke Psikolog, Biayanya Gak Mahal kok!

Butuh waktu minimal 6 tahun agar mendapat gelar psikolog

Pernahkah kamu bertanya "mengapa seorang psikolog bisa menarik tarif atau biaya mahal?”. Atau pernahkah kamu mendengar celetukan dari seorang yang mengatakan "konsul kok mahal, padahal cuma modal ngomong doang?''. Pertanyaan yang seperti itu mungkin menjadi pertanyaan di benak semua orang, yaitu "kenapa seorang psikolog, dokter spesialis dan profesi kesehatan lainnya bisa menarik tarif atau harga mahal?"

Standar mahal orang memang beda-beda, tapi jika kamu beranggapan seorang psikolog menarik harga Rp200.000 itu kemahalan atau misalkan biaya minimal untuk sekali konsul itu Rp50.000 masih mahal, atau biaya konsultasi ke dokter spesialis selangit, maka penulis berharap kamu menyimak artikel ini dengan baik.

1. Proses panjang mendapat gelar psikolog

Pentingnya Konsultasi ke Psikolog, Biayanya Gak Mahal kok!Pinterest

Penulis ingin memberikan sedikit gambaran mengapa harga yang ditarik oleh seorang psikolog dalam sesi konsultasi itu tidak mahal atau harga yang ditarik oleh dokter spesialis itu memang sepadan, dan sudah sepantasnya sebuah keahlian yang didapat dari proses panjang itu kamu hargai tinggi.

Sebuah gelar akademik, dalam hal ini profesi psikolog, dokter spesialis, maupun bidang-bidang profesi lainnya itu tidak mudah didapatkan. Untuk mendapatkan sebuah gelar profesi, mereka harus melalui proses belajar yang panjang, bertahun-tahun lamanya. Belum lagi alat tes psikologi dan alat-alat kesehatan yang digunakan oleh para dokter spesialis itu harganya tidak murah. 

2. Biaya masuk kuliah psikologi

Pentingnya Konsultasi ke Psikolog, Biayanya Gak Mahal kok!Pinterest

Untuk masuk kuliah di Universitas yang bagus, khususnya di Fakultas Psikologi, sekurang-kurangnya membutuhkan biaya Rp95.000.000, itu belum termasuk uang penunjang kuliah seperti laptop, uang fotocopy, uang praktik, uang penelitian dan biaya-biaya lainnya.

Jadi kalau ditotal maksimal selama 7 tahun kuliah, kasarnya, seorang mahasiswa psikologi menghabiskan uang sebesar Rp300.000.000 hingga Rp450.000.000.

Baca Juga: 5 Aturan Curhat yang Wajib Kamu Tahu, Jangan Sembarangan Cerita!

3. Harga dari sebuah keahlian

Pentingnya Konsultasi ke Psikolog, Biayanya Gak Mahal kok!Pinterest

Untuk menjawab alasan mengapa keahlian yang dimiliki seseorang pantas dihargai mahal, penulis akan memberikanmu gambaran lewat kisah seorang seniman besar yang hidup di abad 20 silam.

Namanya Pablo Picasso. Ketika dia menginjak usia lanjut, dia sedang duduk-duduk di sebuah kafe di Spanyol, sambil mencoret-coret selembar tisu bekas. Dia adalah orang yang cuek mengenai segala hal, menggambar apa pun yang membuatnya terkesima pada saat itu.

Seorang wanita yang duduk di dekatnya memandanginya dengan kagum. Tidak lama kemudian, Picasso menghabiskan kopinya dan meremas tisu tersebut dan hendak membuangnya saat akan meninggalkan tempat itu. Wanita tadi menghentikannya. “Tunggu”, katanya. “Boleh kan saya meminta tisu yang barusan anda gambari? Saya akan bayar.”

“Tentu”, jawab Picasso. “Dua puluh ribu dolar.” (Jika nilai tukar 1 Dolar = Rp15.492 pada hari ini tanggal 11 November 2022, maka 20.000 Dolar = Rp309.850.000)

Wanita itu kaget, kepalanya tersentak ke belakang seakan-akan terkena lemparan batu bata. “Apa? Anda hanya perlu sekitar 2 menit menggambar itu.”

“Tidak, Nyonya”, balas Picasso. “Saya perlu lebih dari 60 tahun menggambar ini.” Lalu dia memasukkan tisu tersebut ke dalam kantungnya, dan pergi meninggalkan kafe.

4. Bukan pekerjaannya yang kamu bayar mahal, tapi prosesnya

Pentingnya Konsultasi ke Psikolog, Biayanya Gak Mahal kok!Pinterest

Kemampuan yang dimiliki seseorang sekarang, dilatarbelakangi oleh ribuan kesalahan dan kegagalan. Tapi kebanyakan orang hanya melihat apa yang tampak di depan mata saja, dia jarang melihat mengapa dan bagaimana proses seseorang hingga dia bisa seperti apa yang dilihatnya sekarang.

Penulis berharap kamu punya mindset bahwa bukan pekerjaannya yang terlihat sebentar dan gampang itu yang dibayar mahal, tapi proses dia untuk mencapai itu yang membuat dia pantas untuk dibayar mahal.

5. Konsultasi itu tidak mahal

Pentingnya Konsultasi ke Psikolog, Biayanya Gak Mahal kok!Pinterest

Jadi, jika melihat semua aspek itu, maka harga yang ditarik oleh seorang psikolog untuk konsultasi itu tidak mahal, atau harga yang ditarik oleh dokter spesialis itu memang sepadan. Melalui sesi konsultasi dengan psikolog lah, kamu dapat dibantu dengan mencari cara terbaik bagi diri sendiri untuk menghadapi masalah kehidupan yang muncul dan mengendalikannya.

Jika kamu mengalami persoalan mental atau gejala stress, jangan sungkan untuk mendatangi psikolog. Dengan demikian, kamu dapat membagikan kesedihan dan kerisauanmu. Psikolog akan memberikan saran dan masukan terbaik agar kamu bisa lebih tenang dalam menyelesaikan persoalanmu.

Baca Juga: 13 Etika Dasar dalam Kehidupan Manusia di Muka Bumi, Kamu Wajib Tahu!

Hirpan Rosidi Photo Community Writer Hirpan Rosidi

Hirpan Rosidi, laki-laki kelahiran 1997 yang tidak pandai mendeskripsikan dirinya. Karena kemampuan menulisnya dibawah rata-rata, dia memiliki cita-cita yang dimana dia sendiri tidak terlalu berharap cita-citanya bisa terwujud; yaitu disalah satu rak toko buku, di antara buku-buku dari penulis besar itu, terselip satu judul buku dengan nama Hirpan Rosidi sebagai penulisnya. Berbekal lulusan Psikologi Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta dan kecintaannya pada literasi, menjadikannya ingin membangun perpustakaan untuk anak-anak dan warga di kampungnya.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya